14 May 2021, 04:59Jantung

Jantung berdebar apakah berbahaya?

SS
Info Penanya: SS0
dok.. sy setelah divaksin sy panas tetapi tdk sy obati krn memiliki riwayat alergi Paracetamol, besoknya sembuh hari ke 2-3 sy mengalami pusing dan mual.. hari ke 5 tiba2 jantung saya berdetak kencang & gas naik keatas.. setelah berobat dua kali ke doktor yg sama dikatakan sy mngkn stress / kecapean & disuruh istirahat.. selain diberi obat magh sy juga diberi obat omedrinat.. selang 3 hari kepala sy pusing stlah minum obat tersebut, sy berhenti minum obat tpi jntung berdebar lg. ni knpa ya dok?
761 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo S,Adanya efek samping yang Anda rasakan berupa demam, pusing, mual, dapat disebabkan oleh reaksi tubuh terhadap vaksin yang diberikan. Namunn keluhan berdebar, dan bersendawa bukan merupakan efek samping yang dapat terjadi dari penberian vaksin sehingga betul yang dikatakan dokter sebelumnya bahwa kemungkinan terbesarnya hal ini terjadi karena stres dan kelelahan.

Penyebab berdebar

Obat yang diberikan pada Anda adalah obat untuk mnegatasi mual, dan pusing, namun obat ini tidak meredakan gejala berdebar, sehingga yang paling mungkin adalah serangan berdebar yang Anda rasakan sama sekali tidak berhubungan dengan konsumsi obat maupun tidak. Disisi lain adanya gejala mual, bersendawa, hingga nyeri pada dada sangat mungkin terjadi karena peningkatan asam lambung sehingga yang Anda butuhkan adalah obat untuk meredakan asam lambung Anda.Untuk sementara, konsumsilah obat antasida 3x sehari sebelum makan, dan hentikan penggunaan omedrinat. Jika setelah 3 hari konsumsi antasida dan keluhan jantung berdebar tetap tidak membaik, maka lakukan pemeriksaan EKG ke dokter terdekat. Beberapa latihan yang dapat dilakukan untuk mengatasi jantung berdebar adalah atasi rasa cemas, kontrol emosi, hindari kafein, rajin olahraga, dan konsumi makanan sehat.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
asam lambungstresjantung berdebar
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil