Jantung berdebar-debar setiap ada masalah, Apakah penyebabnya ?

NA Info Penanya: NA
Dok saya mau bertanya kenapa jantug saya tiao hari berdebar dia saat ada masalah sepele rasa nya oeradaan saya sagat takut peyebab apakah itu dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SA

Anda mengalami panic attack / serangan panik yaitu perasaan takut yang terjadi secara tiba-tiba dan menimbulkan respon tubuh padahal tidak ada bahaya apapun atau penyebab yang jelas. Beberapa faktor resiko serangan panik yaitu riwayat serangan panik di keluarga, mengalami stres berat (misalnya kematian / penyakit pada orang terdekat), peristiwa traumatis (misalnya kecelakaan parah, kekerasan seksual), perubahan besar dalam hidup (perceraian, bayi baru lahir), atau kekerasan fisik pada masa anak-anak. Dan juga ada pengaruh dari merokok atau mengkonsumsi kafein yang berlebihan.

Beberapa gejala serangan panik yaitu jantung berdebar-debar, berkeringat, sakit dada, sesak napas, pusing, mual, mengigil, kesemutan, tersedak, merasa bukan diri sendiri, kehilangan kendali, menjadi gila atau takut mati.

Pada saat mengalami gejala tersebut, tarik napas panjang dan dalam kemudian tahan selama 20 detik. Tutup mata anda agar tidak terpicu lingkungan luar. Ulangi beberapa kali sampai detak jantung anda berkurang. Untuk informasi lebih lengkap bisa dibaca artikel 3 Langkah Mengatasi Serangan Panik.

Sadari bahwa anda belum tentu mengalami serangan jantung. Pada serangan jantung latihan menarik napas tidak akan menghilangkan keluhan dan aktivitas fisik akan membuat gejala semakin buruk. Seseorang yang pernah mengalami serangan panik, beresiko tinggi mengalami serangan panik ulang. Bila anda ragu, bisa konsultasi dengan Dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kebiasaan menggigit kuku lebih buruk dari kelihatannya

Apakah Kebiasaan Menggigit Kuku Berbahaya?

Sama seperti kebiasaan-kebiasaan lainnya, perilaku menggigit kuku seringnya hanya dianggap sebagai kebiasaan buruk semata. Padahal, menggigit kuku dapat membuat Anda lebih berisiko terkena penyakit.