Jantung berdebar-debar, kepala panas dan tangan basah

FN Info Penanya: FN, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya mau bertanya,tadi pagi itu jantung saya berdetak kencang tiba tiba. Padahal saya ga ngalamin apapun yang ngagetin saya. Terus pas saya datang ke sekolah,tiba tiba kepala saya rasanya panas. Beberapa menit kemudian tangan saya dingin dan basah disusul sama pusing. Kira kira apa penyebab nya ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, FN

Terimakasih atas pertanyaannya.

Gejala jantung berdebar-debar, kepala panas dan tangan basah. Akibat aliran darah yang tiba-tiba makin cepat dan metabolisme tubuh meningkat. Apakah keluhannya sering anda alami? Bila iya, baiknya konsultasi dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam untuk evaluasi lebih lanjut. Kemungkinan anda akan diperiksa laboratorium, rekaman jantung dan pemeriksaan lainnya yang diperlukan. Kondisi klinis yang memberikan gejala tersebut salah satunya adalah tiroid, yang menghasilkan hormon tiroid. Ada kemungkinan kerjanya terlalu aktif akibat radang. 

Kemungkinan lain juga dari hormon, apakah anda sedang menstruasi ? Gejala tersebut juga bisa muncul akibat anemia bila sedang haid atau perubahan keseimbangan hormon saat mendekati menstruasi berikutnya atau yang disebut juga sindrom PMS.

Tentu saja stres dan keletihan bisa bermanifestasi menjadi keluhan yang serupa. Jadi saran saya istirahat yang cukup, makan yang bergizi dan hindari stres. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh FN
16 Aug 2019, 02:41
Dada saya sakit dan sesak. Terkadang bila saya bernafas sakit dok
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu gejala servisitis atau radang serviks adalah iritasi pada vagina atau leher rahim

Waspada! 7 Gejala Ini Dapat Menjadi Tanda Anda Terkena Radang Serviks

Servisitis adalah peradangan serviks atau leher rahim. Pada sebagian wanita, gejala servisitis atau radang serviks seringkali tidak disadari, sehingga terlambat untuk ditangani. Gejala servisitis antara lain, yaitu gatal pada vagina, pendarahan vagina, dan nyeri panggul.