Jantung berdebar, cemas dan pucat, apakah karena konsumsi kopi?

JB Info Penanya: JB, Pria, 22 Tahun
Slamat malam dokter,saya memgalami sakit ini sudah1 bulanAwalnya saya memimum kopi susu instant botol plastik dok, sya meminumnya siang, Dan pada mlm harinya saya merasa tidak enak badanSeketika jantung saya berdebar kencang,pucatSekali,saya merasa cemas takutSaya mengalami pusing,pucat tangan,kaki,bibir kering, rasa tidak nyaman, tidak merasa fit, Parahnya lagi dr, saya terkadang ingin pingsan.Disaat terasa ingin pingsan saya merasa sesak nafas, jantung berdetak kencang seketika pucat
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi JB.

Saya akan menjawab pertanyaan Anda.

Saat mengkonsumsi kopi, terkandung kafein di dalamnya yang seringkali menimbulkan efek berbeda-beda pada setiap individu. Kadar konsumsi kafein yang disarankan per hari adalah maksimal 400mg per hari, dan terkadang pada beberapa individu yang lebih sensitif, kadar kafein yang lebih rendah pun bisa memberikan efek samping, terutama bagi yang jarang mengkosumsi kafein.

Efek samping dari konsumsi kafein mencakup seperti :

  • Meningkatkan mood
  • Meningkatkan metabolisme tubuh
  • Memacu alertness
  • Cemas
  • Gangguan tidur
  • Jantung Berdebar
  • Dehidrasi

Untuk mengatasi keluhan, coba batasi asupan kafein apabila Anda tidak terbiasa untuk mengkonsumsinya. Apabila keluhan belum berkurang juga, segera konsultasikan ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan terkait keluhan, dikarenakan ada beberapa penyebab lain yang bisa menyebabkan keluhan tersebut, seperti permasalahan jantung dan saluran pencernaan.

Semoga bermanfaat.

Salam sehat.

dr. Syarifah Chaula Amrina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara membaca EKG memerlukan analisis dokter yang dikaitkan dengan keluhan pasien dan hasil pemeriksaan fisik

Sebagai Pasien, Perlukah Kita Memahami Cara Membaca EKG?

Setelah menjalani tes EKG (elektrokardiogram), Anda mungkin mengalami kebingungan bagaimana cara membaca EKG. Sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter untuk memahami hasil tes EKG.