Janin berkembang atau tidak?

AK Info Penanya: AK, Wanita, 32 Tahun
Dok, saya mau tanya.. Saat sy 7hari terlambat haid sy tespk itu positif wlpn garis yg kedua samar, sy berniat periksa kedokter menunggu 2minggu agar lebih jelas kantong yg terbentuk. Tpi saat hari ke 10 sy keluar darah dok walaupun tdk sebanyak haid. Sy tes negatif, di usg baru terlhat penebalan sja. Sy diberi obat untuk perdarahan dan penguat kandungan. Minggu berikutnya sya ke dokter lagi dan malah terlihat kantong dok tpi belum ada detak jantung tpi sya tes negatif.knp bsa spt ini ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AK,

Perdarahan saat hamil muda tidak selalu karena keguguran, tetapi bisa karena penyebab lain seperti perdarahan implantasi. Perdarahan implantasi adalah saat terjadinya penempelan sel telur yang dibuahi pada dinding rahim yang kemudian bisa membentuk kantung janin.

Apabila dilakukan testpack tapi hasilnya negatif, bisa karena beberapa hal. Baik karena cara penggunaan testpack yang kurang tepat, alat testpack yang kondisinya kurang baik, kadar hormon yang belum terdeteksi ataupun memang tidak terjadi kehamilan.

Apabila sudah dilakukan pemeriksaan USG dan hasilnya belum meyakinkan maka bisa dilakukan pemeriksaan saat minggu ke dua belas atau 90 hari dari hari terakhir haid jika tetap tidak ada perdarahan menstruasi. Saat minggu ke 12 juga detak jantung dan gambaran janin bisa lebih jelas tampak bila ada kehamilan. 

Untuk saat ini upayakan menjaga kondisi tubuh dengan cara:

  • Menjaga pola istirahat, cukup istirahat dan cukup tidur
  • Perbanyak asupan cairan
  • Makan teratur dan cukupi kebutuhan nutrisi untuk ibu hamil
  • Konsumsi vitamin terutama asam folat 
  • Hindari aktivitas berat

Dimana trimester pertama merupakan trimester yang penting terutama untuk perkembangan dan pertumbuhan janin. Lakukan pemeriksaan berkala juga setelah nantinya di pastikan kehamilannya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kalau mengidam makanan manis, jangan langsung yakin bahwa Anda sedang hamil bayi perempuan.

Ciri-ciri Hamil Anak Perempuan yang Sebenarnya Mitos Belaka

Apakah mungkin ibu hamil bisa memprediksi jenis kelamin anaknya melalui gejala yang dirasakan? Namun, apakah prediksi tersebut akurat? Atau hanya mitos? Berikut ini ciri-ciri hamil bayi perempuan yang sebenarnya mitos belaka.