Janin belum kelihatan pada usia kehamilan 6 minggu

SA Info Penanya: SA, Wanita, 1 Tahun
Dok, saat ini saya hamil yang ketiga dengan usia kehamilan 6 minggu 3 hari yang saya periksa ke dokter kandungan dan di USG. Dari hasil USG ternyata janin saya belum kelihatan. Apa kondisi saya ini normal di usia kehamilan yang 6 minggu? Apa yang harus saya lakukan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Kehamilan merupakan suatu kondisi yang diidam-idamkan oleh setiap pasangan suami istri. Pada kehamilan, dibagi menjadi tiga tahap perkembangan janin yaitu trimester pertama, trimester kedua, dan trimester ketiga. Trimester pertama terhitung dari usia kandungan 1-12 minggu. Kondisi kehamilan Anda ini termasuk dalam trimester pertama. 

Pada trimester pertama, ada beberapa tahap perkembangan janin yang terdiri dari:

  • Minggu ke 1 dan ke 2: terjadi peristiwa bertemunya sel telur dengan sperma.
  • Minggu ke 3: sperma dan sel telur menyatu di tuba fallopi dan membentuk zigot.
  • Minggu ke 4: terjadi implantasi (bakal janin menempel di dinding rahim).
  • Minggu ke 5: terjadi peningkatan kadar hormon HCG, estrogen, dan juga progesteron.
  • Minggu ke 6: tabung saraf bayi mulai menutup, otak dan sumsum tulang belakang mulai berkembang, dan jantung serta organ yang lain juga mulai terbentuk. 
  • Minggu ke 7: kepala bayi mulai berkembang.
  • Minggu ke 8: jari-jari sudah mulai terbentuk, telinga dan mata sudah mulai jelas, bibir atas dan hidung telah terbentuk. 
  • Minggu ke 9-10: lengan dan siku mulai muncul dan mulai menekuk, kepala mulai membesar, jari-jari mulai memanjang, dan tali pusat mulai terlihat jelas.
  • Minggu ke 11: alat kelamin mulai berkembang dan organ di wajah mulai semakin jelas.
  • Minggu ke 12: kuku mulai terbentuk, wajah semakin jelas, dan usus mulai terbentuk.

Pada usia kandungan 6 minggu, memang wajar bila belum terlihat jelas janinnya pada pemeriksaan USG. Biasanya hanya kantung janin yang terlihat jelas. Jadi, Anda tidak perlu khawatir. Untuk ke depannya, yang harus Anda lakukan adalah menjaga kehamilan Anda sebaik mungkin, jangan terlalu capek dan stres, makan makanan yang bergizi, minum vitamin asam folat, dan rutin kontrol kehamilan Anda ke dokter kandungan.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan selama masa kehamilan adalah hal yang normal terjadi selama tidak terjadi infeksi

Keputihan Saat Hamil, Amankah?

Keputihan saat hamil adalah hal yang wajar terjadi. Namun, jika keputihan saat hamil berwarna kuning atau hijau, berbau menyengat, disertai dengan kemerahan dan gatal pada vagina bisa menjadi tanda dari keputihan yang abnormal dan tidak wajar.