Jangka waktu pengobatan sindrom nefrotik

RZ Info Penanya: RZ, Pria, 39 Tahun
Siang dokter, anak saya konsumsi prednison buat ngeluarin cairan dari vagina nya. apakah sindrom nefrotik bisa sembuh? kalo misalkan cairan sudah keluar semua, apa pengobatan selanjutnya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, D.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Sindrom nefrotik merupakan kumpulan dari gejala yang menandakan adanya gangguan pada ginjal. Gejala tersebut dapat berupa, ditemukannya protein albumin berlebih di urine, kadar lemak dan kolesterol yang berlebihan dalam darah, penumpukan cairan di beberapa bagian tubuh dan kadar protein albumin yang rendah dalam darah.

Umumnya penyebab dari sindrom ini adalah penyakit yang menyerang ginjal secara langsung ataupun penyakit lain yang memberikan efek pada ginjal yang dinakaman sindrom nefrotik sekunder.

Terkait dengan pertanyaan Anda, menurut data dari kementrian kesehatan republik Indonesia, kemungkinan kesembuhan dari penderita sindrom nefrotik dapat mencapai 90% dengan kesembuhan total 30%, kemungkinan kekambuhan yang jarang 50% dan untuk kekambuhan yang sering 20%. Namun demikian sindrom nefrotik perlu ditangani dengan baik, dan sesegera mungkin karena dapat mengakibatkan komplikasi yang serius, yakni gagal ginjal

Berikut mekanisme pengobatan dari sindrom nefrotik :

  • Pemberian obat anti radang (kortikosteroid)
  • Pemberian obat diuretik untuk mengeluarkan cairan berlebih pada tubuh penderita
  • Pemberian obat antihipertensi 
  • Pemberian obat golongan statin untuk mengontrol kadar kolesterol dan lemak darah
  • Pemberian suplemen vitamin D
  • Pemberian obat pengencer darah jika diperlukan

Setelah cairan keluar, pengobatan yang tidak kalah penting adalah mengatasi kondisi medis yang mendasari, maka dokter yang merawat akan mencari dan mengobati akar penyebab dari sindroma nefrotik yang diderita oleh Anak Anda.

Apabila terdapat gejala bengkak yang memburuk dan sesak napas, segeralah membawa kembali anak Anda ke rumah sakit atau instalasi darurat terdekat.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sindrom nefrotik terjadi ketika terlalu banyak protein yang keluar lewat urine

Mengenal Sindrom Nefrotik, Kelainan Ginjal yang Bisa Berakibat Fatal

Sindrom nefrotik adalah gangguan pada ginjal yang membuat tubuh mengeluarkan terlalu banyak protein melalui urin. Kondisi ini dapat menyebabkan Anda mengalami pembengkakan parah. Cari tahu lebih lanjut mengenai sindrom nefrotik disini.