Bagaimana ciri-ciri penyembuhan infeksi jamur pada kulit ?

AS Info Penanya: AS, Pria, 25 Tahun
Bagaimana ciri jamur kulit mulai sembuh atau bahkan sembuh total ? saya saya sudah menjalani pengobatan sekitar 1 minggu menggunakan obat topikal dan obat oral ketoconazole. Kulit ketiak saya sudah tidak gatal, mulai halus (tidak menebal) dan tidak bersisik mengelupas lagi namun masih berwarna kemerahan (sebelumnya berwarna kehitaman).
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, AS.

Infeksi jamur pada kulit yang sering terjadi adalah dermatofitosis atau ringworm. Jenis jamur yang termasuk kepada dermatofitosis tersebut ialah trichophyton, microsporum, dan epidermophyton. Penularan dari infeksi jamur sendiri dapat melalui kontak langsung ketika bersentuhan, melalui benda yang digunakan bersama hingga tanah.

Adapun beberapa jenis infeksi jamur kulit ringworm yang meliputi :

Mengenai pertanyaan Anda tentang ciri-ciri penyembuhan infeksi jamur pada kulit umumnya ditandai dengan berkurangnya keluhan gatal,lesi pada kulit tidak lagi meluas, kemerahan pada kulit mulai pudar hingga menghilang, dapat meminggalkan bekas berwarna putih hingga kehitaman. Namun demikian, tetap diperlukan konfirmasi oleh dokter untuk menentukan keadaan kulit Anda saat ini. Sejatinya memang membutuhkan waktu yang relatif lama untuk penyembuhan infeksi jamur. Umumnya waktu satu minggu masih belum cukup untuk masa pengobatan, akan tetapi hal ini bergantung juga pada derajat keparahan infeksi.

Untuk sementara apabila pengobatan diresepkan dari dokter maka dapat dilanjutkan namun jika bukan oleh dokter Anda terlebih dahulu perlu memeriksakan diri agar obat yang diberikan tetap dan dosisinya sesuai. Karena jika tidak maka pengobatan dapat tidak efektif dan menimbulkan efek samping pada tubuh Anda. 

Agar penyembuhan terjadi lebih cepat, hindari makanan yang banyak mengandung gula karena dapat memicu peradangan semakin berat. Hindari pula keadaan lembap pada berbagai bagian tubuh karea merupakan faktor risiko timbulnya infeksi jamur.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab benjolan di ketiak yaitu infeksi bakteri atau virus, limfoma, hingga pertumbuhan sel kanker

11 Penyebab Munculnya Benjolan di Ketiak yang Mungkin Pernah Anda Alami

Ketiak adalah salah satu bagian tubuh yang jarang diperhatikan, namun memiliki banyak masalah kesehatan. Salah satunya adalah benjolan. Penyebab benjolan di ketiak yaitu infeksi bakteri atau virus, limfoma, hingga pertumbuhan sel kanker.