Jamu tawon liar

SN Info Penanya: SN, Pria, 2019 Tahun
Apakah jamu tawon liar baik untuk tubuh dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang S,

Kami memiliki keterbatasan informasi mengenai kandungan pasti dari jamu tersebut tapi produk dengan nama Tawon Liar kapsul masuk dalam daftar jamu yang berbahaya karena mengandung Bahan Kimia Obat yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan. 

Untuk itu perlu dihindari konsumsinya karena dapat berbahaya bagi kesehatan. Dilaporkan juga ada kasus kematian akibat konsumsi jamu tersebut secara berlebihan dan dicampur dengan bahan lain seperti kopi. Jamu tawon liar sendiri dikatakan oleh BPOM mengandung parasetamol dan kafein yang jika dikonsumsi dalam jangka panjang dan tidak dengan dosis tepat atau berlebihan dapat mengganggu kesehatan seperti gangguan hati dan ginjal ataupun risiko alergi sampai kematian. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

SN
18 Sep 2019, 13:06
Pengganti yang bagus apa dong dok biar ngga ketergantungan?
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat buah kiwi luar biasa, dari menjaga kesehatan jantung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga melindungi mata

Manfaat Buah Kiwi untuk Tingkatkan Sistem Imun Hingga Lindungi Penglihatan

Meski ukurannya terbilang kecil, manfaat buah kiwi bagi kesehatan tergolong besar. Sangat tinggi kandungan vitamin C, buah ini bisa digunakan sebagai penangkal flu dan penyakit-penyakit lainnya.