Jajanan seperti apa yang cocok untuk anak-anak?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok, anak saya baru berusia 6 tahun dan baru masuk sekolah. Untuk bekal, jajanan seperti apa ya dok yang aman dikonsumsi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, FF.

Anak-anak cenderung lebih menyukai jajanan (kudapan atau cemilan) ketimbang makan besar. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor, misalnya karena mencontoh orang tua atau teman-teman sebayanya. Selain itu, jajanan seringkali dikemas dengan warna dan bentuk yang menarik ketimbang makanan rumah. Atau, hanya tersedia makanan utama di rumah, dan tidak tersedia makanan kecil.

Sayangnya, banyak jajanan masa kini yang tidak bergizi dan tidak baik dimakan oleh anak. Misalnya, gorengan yang diolah dengan minyak yang sama berulang kali, atau makanan kemasan yang tinggi perasa dan pewarna buatan. Padahal, masa anak merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan, sehingga anak membutuhkan zat gizi yang cukup.

Terkait pertanyaan Anda, berikut rekomendasi jajanan bergizi yang bisa dijadikan bekal anak:

  • Stik nugget. Anda bisa membeli daging ayam dan mengolahnya di rumah, kemudian menggoreng dengan minyak baru.
  • Sate ayam brokoli. Susun daging ayam bergantian dengan brokoli kukus pada pegangan sate.
  • Keripik yang terbuat dari sayur atau buah yang dikeringkan, tanpa pemanis buatan
  • Salad buah yang dicampur dengan yogurt dan kacang-kacangan

Anda juga bisa mengkreasikan bahan-bahan yang Anda miliki di rumah. Selama Anda mengolah bahan tersebut dengan higienis, pastinya jajanan rumah akan jauh lebih sehat ketimbang jajanan di luar. Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter spesialis anak untuk informasi lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jenis gangguan mental pada anak beragam, tergantung pada gejala gangguan mental pada anak

Berbagai Jenis Gangguan Mental pada Anak yang Harus Diwaspadai

Gangguan mental pada anak memiliki jenis yang beragam, Gejala gangguan mental pada anak pun berbeda, tergantung dengan jenis gangguan mental yang dialami. Beberapa gangguan mental pada anak yang paling umum, di antaranya: gangguan kecemasan, ADHD, gangguan perilaku disruptif, gangguan afektif, dan lain-lain.