Apakah luka bekas jahitan yang terlepas bisa menutup sendiri?

NR Info Penanya: NR
Dok kalo jahitan pecah terus gak di jait lagi bakalan sembuh lagi rapet lagi walaupun gak di jait lagiKalo bakalan rapet lagi berpa lama itu dok waktu nya? Terus kalo pipis kalo kena air pipis perih. Itu epek perih karena luka dokMakan obat dari dokter kandungan udah tapi masih perih? Makaksih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, NR

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Jahitan pada luka dilakukan untuk mempermudah penyembuhan pada luka robek ataupun luka terbuka lainnya, selain itu berfungsi untuk menutup luka agar tidak terpapar secara langsung dengan dunia luar yangd apat meningkatkan risiko infeksi pada luka tersebut. Untuk sembuh, terdapat beberapa tahapan dalam proses penyembuhan luka.

Adapun tahapan pada proses penyembuhan luka adalah sebagai berikut:

  • Proses homeosyasis atau pembekuan darah yang berfungsi untuk menghentian perdarahan
  • Prises inflamasi atau proses peradangan
  • Proses pembentukan jaringan baru
  • Proses penguatan jaringan

Terkait dengan pertanyaan Anda, bisa kembali rapat tau tidak dan berapa lama waktu yang dibutuhkan tergantung ari kondisi luka Anda. Rasa pedih yang muncul kemungkinan dikarenakan luka belum kering sempurna dan masih terbuka yang terkena oleh urin (air kencing).

Tindakan yang bisa Anda lakukan adalah menjaga kebersihan area luka, pastikan luka kering, konsumsi makanan bergizi seimbang, perbanyak konsumsi protein untuk mempercepat penyembuhan luka, perbanyak sayur dan buah-buahan, serta cukupi kebutuhan cairan harian Anda.

Periksakan kembali jahitan dan luka Anda ke dokter terdekat untuk dilakukan evaluasi terhadap kondisi luka.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hindari Infeksi dengan Perawatan Luka Terbuka yang Benar

Anda pasti pernah mengalami luka terbuka, entah itu karena tergores ataupun teriris benda tajam. Luka terbuka adalah sebutan untuk luka yang membuat bagian dalam tubuh terlihat. Luka terbuka rentan infeksi. Perawatan luka terbuka yang benar mulai dari membersihkan tangan, menghentikan perdarahan, menutupi luka, mengoleskan antibiotik, hingga menutupnya. Kenali berbagai caranya di sini.