Apakah saat ejakulasi diluar bisa hamil ?

V Info Penanya: V
Izin bertnya dr klo saat ejakulasi kluar di luar apa bisa hamil??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, V.

Kehamilan terjadi ketika ada proses pembuahan (konsepsi) atau proses terjadinya pertemuan antara sperma pria dan sel telur (ovum) wanita. Untuk dapat membuahi sel telur yang dihasilkan 1 buah saja setiap bulannya oleh wanita, sperma pris yang jumlahnya dapat mencapai 40 juta, hanya satu sperma yang dapat mencapai sel telur tersebut.

Ketika melakukan hubungan seksual dengan pasangan, seorang pria akan dapat mencapai orgasme dan terjadilah pelepasan air mani yang disebut dengan ejakulasi. Ejakulasi ini dapat mendorong cairan yang mengandung sperma ke dalam vagina menuju rahim yang terlebih dahulu melewati mulut dan leher rahim. Kekuatan dorongan yang dihasilkan rata-rata 10ml/jam agar dapat mencapai sel telur. Masih perlu perjalanan yang panjang bagi sperma untuk mencapai sel telur.

Hal ini berhubungan dengan pertanyaan Anda. Pada prinsipnya apabila ejakulasi dilakukan diluar, bisa saja akan menurunkan kemungkinan adanya pertemuan antara sperma dan dan sel telur. Namun sesungguhnya, hal ini tidak dapat dipastikan karena ada pula cairan yang disebut dengan cairan pra-ejakulasi yang bisa mengandung sperma. Terkadang Anda dan pasangan tidak menyadari bahwa cairan tersebut sudah masuk atau belum ke dalam vagina, dan mencabut penis dari vagina sebelum ejakulasi tidak dapat mencegah cairan pra-ejakulasi masuk sehingga bisa menyebabkan kehamilan.

Kesimpulannya, tidak ada yang dapat memastikan seratus persen namun, kemungkinnya mungkin bisa menurun jika dilakukan diluar. 

Untuk keterangan lebih lanjut Anda dapat berkonkonsultasi secara langsung dengan dokter Spesialis Kandungan.


Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tips agar cepat hamil adalah dengan berhubungan seks saat masa subur

7 Tips Cepat Hamil bagi Anda yang Ingin Dapat Momongan

Agar cepat hamil, tips yang bisa Anda lakukan bersama pasangan adalah mengetahui masa subur, posisi seks yang tepat, hidup sehat, dan konsultasi dengan dokter.