07 Mar 2021, 11:59Penyakit Lainnya

Kenapa pendek?

FP
Info Penanya: FP0
Dokter izin bertanya, saya sudah berumur 19 tahun kenapa ya tinggi saya seperti anak kecil? padahal orang tua dan kakak-kakak saya tinggi dan besar? apa penyebab saya pendek dan kecil?
169 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat sore FP,Setiap orang tentu menginginkan bentuk badan yang ideal yakni yang tinggi dan beratnya tidak berlebihan sehingga akan menunjang penampilannya. Perihal kondisi Anda yang pendek, maka tentunya perlu diinfokan berapa tinggi Anda? Tidak bisa berpatokan pada tinggi anak kecil karena anak kecil sangat beragam tingginya mulai dari anak 7 tahun, 10 tahun, 12 tahun atau anak kecil usia berapa?

Secara garis besar tinggi seseorang bisa diperkirakan berdasarkan tinggi kedua orang tuanya dengan cara:

Tinggi anak laki-laki = {(TB ibu+13)+TB bapak} dibagi 2 ditambah 8,5 cmTinggi anak wanita = {(TB bapak-13)+TB ibu} dibagi 2 ditambah 8,5 cmAnda bisa memperkirakan tinggi badan Anda normal atau tidak dengan perkiraan rumus di atas. Karena Anda sudah melewati masa pubertas, maka tentu saja tinggi Anda sudah tidak bisa bertambah dan yang bisa Anda lakukan hanya memperbaiki postur tubuh Anda saja dengan cara tidak membungkuk, menjaga berat badan ideal agar tampak lebih tinggi. Lakukan pemeriksaan ke dokter tulang bila tulang belakang Anda tampak bengkok.Salam sehat,dr. Vina
gizi burukpubertastinggi badan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil