Istri telat haid 2 minggu disertai nyeri perut

RB Info Penanya: RB, Pria, 2019 Tahun
istri saya telat datang bulang sudah hampir 2 minggu apakah bisa di pastikan hamil Dokter ?Gejala nya perut sakit tapi tidak kluar darah dok .kadang sakit bngt trus tiba-tiba hilang ,trus sakit lagi .Mohon penjelasan nya Dokter?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi RB. 

Terimakasih telah bertanya. Saya akan membantu menjawab pertanyaan Anda. 

Menstruasi atau haid adalah siklus bulanan yang dialami wanita usia reproduksi. Normal nya menstruasi terjadi selama 7-9 hari, darah yang dikeluarkan sekitar 5-80ml perhari, dan dengan siklus menstruasi setiap 21-40 hari. 

Meskipun menstruasi biasanya teratur, terkadang bisa melewati tanggal tangal menstruasi yang biasanya. Selama masih masuk dalam kriteria normal (siklus menstruasi setiap 21-45 hari) tersebut tidak ada yang perlu dikhawatirkan. 

Namun apabila terdapat variasi dari salah satu komponen menstruasi normal tersebut, maka perlu menjadi perhatian, misalnya: saat siklus menstruasi terjadi perdarahan yang banyak sekali sehingga harus mengganti pembalut setiap jam; menstruasi berlangsung lebih dari 9 hari; keluar darah menstruasi di luar siklus haid; atau bahkan keluar darah dari rahim lebih dari 9 hari disertai perdarahan yang banyak. 

Beberapa kemungkinan penyebab terhadap masalah tersebut antara lain :

1. Kehamilan

Pada kehamilan, siklus menstruasi tidak terjadi karena sel telur telah dibuahi sperma, sehingga siklus ovulasi terhenti. Pada kehamilan juga dapat terjadi perdarahan yang banyak atau dalam waktu lama seperti pada kasus terjadi keguguran, kehamilan ektopik, plasenta letak rendah, dan lain lain. 

2. Ada penyakit medis yang diderita.

Penyakit medis yang dapat menimbulkan gangguan pada menstruasi seperti infeksi pada mulut rahim, penyakit PCOS, gangguan tiroid, gangguan metabolik, dan lain lain

3. Perdarahan rahim abnormal.

Perdarahan rahim abnormal adalah perdarahan rahim yang terjadi pada absen nya kehamilan, tidak dideritanya penyakit medis tertentu, atau gangguan pada organ di panggul.

Perdarahan rahim abnormal diklasifikasikan lagi berdasarkan penyebab yang mendasari nya yaitu kelainan struktural dan non-struktural. Kelainan struktural dapat berupa polip, penebalan rahim, mioma, keganasan, atau adenomiosis. Kelainan nonstruktural dapat berupa gangguan pada pembekuan darah, gangguan pada hormonal, penggunaan obat obat Kontrasepsi, dan lain lain. 

 

Adapun menurut anda istri terlambat haid sudah 2 minggu. Saya sarankan untuk dilakukan pengecekan kehamilan terlebih dahulu. Anda bisa membeli alat uji kehamilan di apotek terdekat. Apabila hasil negatif, pengecekan dapat diulang satu minggu kemudian. 

Nyeri perut yang ditimbulkan pun penyebabnya bisa beragam. Banyak organ tubuh terletak di perut, mulai dari organ pencernaan, saluran kencing, dan organ reproduksi. Diperlukan pemeriksaan langsung pada istri anda untuk mengetahui lebih lanjut penyebab nyeri perut yang dirasakan. 

Apabila anda khawatir dengan keluhan istri Anda, disarankan agar memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan agar dapat diwawancarai lebih lanjut mengenai keluhan istri Anda dan juga dapat dilakukan pemeriksaan langsung sesuai keluhan istri Anda. Dokter mungkin membutuhkan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah lengkap, USG, dan lain lain. Penyebab yang berbeda tentunya memerlukan penanganan yang berbeda.

Beberapa hal yang dapat istri Anda lakukan dirumah: 

  1. Jaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung gizi lengkap seperti daging merah, hati, dan sayur sayuran
  2. Hindari makan makanan berpengawet terlalu sering
  3. Tidak merokok dan mengkonsumsi alkohol
  4. Olahraga teratur
  5. Istirahat cukup
  6. Hindari stress

Jika Anda mengalami kondisi seperti

  • Keluhan Nyeri perut dirasakan memberat (hingga pingsan/lemas) dan disertai keluar darah dari jalan lahir yang banyak

Segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Sandy Aditya Pradana

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Porsi makan untuk ibu hamil perlu diperhatikan untuk menjaga kelancaran proses kehamilan

Jangan Sembarangan, Ini Panduan Porsi Makan Saat Hamil

Saat hamil, bukan berarti Anda harus makan 2 kali lipat lebih banyak dari seharusnya. Kenali porsi makan untuk ibu hamil yang tepat berikut ini.