Leukosit tinggi setelah berhubungan intim

I Info Penanya: I, Pria
Setelah berhubungan intim bsoknya istri saya leukosit nya tinggi.Itu penyebabnya apa yah dok?Itu infeksi atau kehamilan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam I,

Leukositosis adalah kondisi sel darah putih yang kadarnya lebih dari normal, dimana normalnya adalah 4.000 -11.000 per mikroliter sel darah. Peningkatan kadar leukosit sendiri bisa terjadi karena beberapa penyebab seperti:

  • Infeksi terutama infeksi bakteri
  • Dehidrasi atau kekurangan cairan
  • Adanya peradangan kronis
  • Efek obat-obatan tertentu
  • Reaksi alergi berat
  • Gangguan darah

Apabila terjadi setelah berhubungan intim dan besoknya langsung tinggi kadar leukositnya, hal ini bisa jadi tidak berhubungan langsung kecuali bila terjadi infeksi saluran kemih ataupun infeksi menular seksual.

Perlu diperhatikan gejala dan keluhan lain yang timbul seperti misalnya apakah sedang mengalami batuk atau pilek, ada tidaknya gangguan buang air kecil, ada tidaknya demam ataupun gejala lain untuk memberikan informasi tambahan pada dokter untuk menentukan pemeriksaan tambahan apa yang perlu dilakukan.

Jadi apabila sudah dilakukan pemeriksaan darah dan didapatkan hasil leukosit lebih tinggi dari normal, dokter akan mencari apa yang menjadi penyebabnya dan memberikan penanganan yang sesuai baik dengan pemberian antibiotik apabila penyebabnya adalah infeksi bakteri, ataupun jika nantinya perlu dilakukan pemeriksaan tambahan lain untuk menegakkan diagnosa dan memastikan apa penyebab peningkatan sel darah putih tersebut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

leukosit rendah menandakan adanya masalah pada sistem imun karena berbagai penyebab

5 Penyebab Leukosit Rendah, Plus Gejalanya yang Perlu Diwaspadai

Leukosit rendah menandakan adanya masalah pada sumsum tulang atau gangguan sistem imun. Apa saja penyebab leukosit rendah dan gejalanya?