Istri saya kalau malam susah tidur merasa kedinginan di malam hari tetapi pada waktu fajar kepanasan

EK Info Penanya: EK, Pria
dok mau tanya.. istri saya kalau malam susah tidur... badannya merasa kedinginan pas malam hari tapi pas waktu fajar jadi kepanasan sampe kringetan gitu.. udah 3 hari ini.. kira kira knapa ya dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi EK,

Sulit tidur dapat diperngaruhi oleh beragam hal seperti faktor lingkungan, faktor psikis, kondisi kesehatan tubuh dan lainnya. Ketika malam mengalami kedinginan perlu diperhatikan apakah suhu ruangan memang menjadi lebih dingin atau tubuh istri Anda mengalami demam. Jika suhu ruangan yang menjadi dingin ada baiknya mengatur suhu agar lebih nyaman atau menggunakan penghangat seperti pakaian yang lebih tebal atau menggunakan selimut.

Ketika mengalami kepanasan hal tersebut juga bisa disebabkan oleh karena pengaruh suhu udara lingkungan ataupun mengalami demam. Anda dapat memeriksakan suhu tubuh istri Anda dengan termometer dimana jika suhu tubuh lebih dari 37,5 derajat celcius maka berarti istri Anda mengalami demam.

Perhatikan apakah ada keluhan lain yang timbul, upayakan mengonsumsi lebih banyak cairan, cukup beristirahat, buat kamar tidur agar nyaman dari suhu udara, kebisingan, pencahayaan ataupun kenyamanan tidur dan juga periksakan diri pada dokter apabila keluhan sudah terjadi lebih dari 3 hari agar dipastikan penyebabnya dan diberikan penanganan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Merinding merupakan reaksi spontan tubuh sebagai bentuk pertahanan diri

Sebenarnya, Apa Sih Penyebab Merinding?

Penyebab merinding bisa terjadi karena reaksi refleks tubuh atas emosi dan kondisi sekitar, atau karena masalah medis berkaitan dengan tumor otak.