Istri Hamil 6 Bulan Namun Terlihat Seperti 9 Bulan, Apakah Kembar?

S Info Penanya: S, Pria
Dok saya mau tanya,istri saya hamil 6 bulan tapi perut seperti terlihat 9 bulan sangat besar apakah itu sehat dan banyak orang bilang kalo bayinya bakalan kembar apakah itu benar?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
Selamat sore!Terimakasih SG atas pertanyaannya kepada Tim SehatQ. Besarnya ukuran perut saat kehamilan belum tentu menentukan janin kembar ataupun tidak. Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi ukuran perut saat kehamilan:
  1. Taksiran Berat Badan Janin
    Taksiran berat badan janin, tentunya mempengaruhi ukuran perut ibu. Perkembangan janin dalam rahim berbeda-beda bergantung pada penyaluran nutrisi dari ibu ke janin melalui tali pusat. Bila taksiran berat badan janin terlalu rendah ataupun terlalu berat, sebaiknya Anda mengonsultasikannya kepada dokter kandungan. TBBJ yang terlalu rendah dapat menandakan kondisi tali pusat yang kurang baik, penempelan plasenta yang tidak baik,  ataupun nutrisi asupan ibu yang kurang. Sedangkan jika terlalu berlebihan penting untuk menilai apakah ibu mengalami diabetes dalam kehamilan.
  2. Jumlah cairan ketuban
    Pada kondisi hamil, banyaknya cairan ketuban mempengaruhi besar ukuran perut. Patut diingat apabila cairan ketuban terlalu sedikit ataupun terlalu banyak dapat mempengaruhi kondisi janin. Sehingga apabila terjadi jumlah cairan ketuban yang tidak normal, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan.
  3. Janin Kembar
    Apabila kehamilan lebih dari 1 janin atau kembar dapat mempengaruhi ukuran perut ibu saat hamil.
  4. Postur Tubuh
    Postur tubuh ibu yang lebih pendek dapat berpengaruh pada posisi perut yang akan terlihat lebih menonjol.
    Umumnya, ukuran perut akan tampak lebih besar jika postur tubuh ibu hamil kurus atau tidak terlalu tinggi.
  5. Kekuatan Otot Perut
    Otot perut yang kuat dan kencang dapat menahan perkembangan rahim sehingga tidak tampak terlalu menonjol. Saat usia kehamilan lebih tua, biasanya pada otot perut yang kuat akan terlihat lebih menonjol dan tinggi.
Dari berbagai faktor tersebut, belum dapat dipastikan apakah jika perut ibu hamil besar menandakan kembar. Untuk memastikannya Anda dan Istri dapat berkonsultasi dengan bidan dan dokter terdekat untuk melakukan USG. Semoga jawaban yang diberikan dapat membantu. Salam Sehat,dr. Annissa Fadila
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kebutuhan nutrisi ibu hamil harus diperhatikan demi sang buah hati

Bumil Tak Perlu Risau, Ini Daftar Makanan Pengganti Susu untuk Ibu Hamil

Salah satu fakta melegakan untuk mereka yang tak suka susu: ibu hamil tidak wajib konsumsi susu hamil. Banyak alternatif pengganti susu untuk ibu hamil yang berasal dari makanan.