08 Oct 2020, 13:58Perut

ISK yang tak kunjung sembuh

P0
Info Penanya: P00
Dok... Saya setelah KB 3blan trus berhubungan dengan suami sya... Pginya saya klo bak sakit dok... Sampek semingguan.. trus sya kedokter umum.. tpi gak ada perubahan dok. Malah perut dan pinggang makin sakit dan panas.. sya bwa ke spesialis kandungan usg. Ktanya rahim sya gak papa dok. Cuma isk. Diberi antibiotik.. sbulan setengah sembuh dok... Setelah kb 3blan hbis.. anehnya kayak kmbuh lgi dok.. apalgi stlah berhngan.. sakit bgt dok. Sya bwa ke spesialis dalam. Katanya isk jg dok... Gmn dok.
3148 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, P.ISK (Infeksi Saluran Kemih) adalah kondisi peradangan yang terjadi pada satu atau lebih bagian saluran kemih, baik ginjal, ureter, kandung kemih, atau uretra. Gejala ISK adalah nyeri berkemih, disertai dengan nyeri pada perut dan pinggang. Terkadang, ISK juga dapat disertai dengan demam.Pada ISK yang berulang, perlu diperhatikan kebersihan organ intim dengan baik, terutama pada wanita. Uretra (saluran kemih) wanita berukuran pendek ketimbang pria, sehingga apabila ada bakteri yang terpapar, bakteri tersebut dengan mudah dapat masuk, bahkan 'berjalan' ke kandung kemih. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk pencegahan ISK adalah:
  • Membasuh vagina setiap habis buang air
  • Membiasakan untuk membersihkan vagina dan penis sebelum berhubungan
  • Hindari menggunakan alat bantu seks yang tidak terjamin kebersihannya
  • Menjaga kondisi vagina agar tidak lembab, dengan menggunakan celana dalam longgar
  • Mengonsumsi cranberry secara rutin
Apabila dengan cara-cara di atas Anda tidak membaik, pertimbangkan untuk melakukan konsultasi ulang kepada dokter spesialis penyakit dalam. Nantinya, dokter akan melakukan USG perut secara menyeluruh, mulai dari bagian ginjal, saluran kemih, dan organ-organ lainnya. Apabila diperlukan, dokter juga akan melakukan pemeriksaan laboratorium.Dari hasil-hasil pemeriksaan yang ada, akan dilakukan evaluasi sehingga dapat dipastikan apakah penyebabnya benar-benar ISK atau ada hal lainnya, seperti batu kandung kemih atau radang panggul (Pelvic Inflammatory Disease). Dokter kemudian akan memberikan penanganan yang tepat, baik berupa obat, tindakan, atau rujukan ke spesialisasi lain yang terkait. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
infeksi saluran kencingsakit perutpelvic inflamatory disease
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil