15 May 2021, 18:12Infeksi

Infeksi saluran kemih bolehkah melakukan senam kegel?

NA
Info Penanya: NA0
Dok, udah hampir sebulan sy sering pipis terus dan pas sy periksa kedokter kata dokter ada infeksi, terus sampe skrg sedikit perubahan tp ttp pipis terus dok. Yang mau sy tanyakan boleh g dok senam kegel dilakukan untuk mengatasi pipis saya yg berketerusan ini dok. Soalnya sy liat di internet cara mengetasi sering pipis dgn melatih otot panggul dok. Mohon jawabannya dok ?
511 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, NTerima kasih atas pertanyaan AndaInfeksi saluran kemih tau sering disebut dengan ISK, adalah adanya infeksi pada saluran kemih, dimana penyebab tersering dari ISK ini adalah infeksi bakteri. Seperi yang kita ketahui bahwa organ saluran kemih diantaranya adalah ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. 

Berikut ini adalah gejala dari infeksi saluran kemih yang paling sering dirasakan:

  • Rasa sakit saat BAK
  • Peningkatan frekuensi BAK
  • Perut bawah dan pinggang teras atidak nyaman 
  • Urin keruh, atau bahkan berawan kemerahan 
Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, senam kegel adalah senam yang dilakukan dengan tujuan untuk memperkuat otot-otot panggul. Saat terjadi ISK, boleh dilakukan senam kegel. Namun, tentunya senam kegel bukanlah terapi utama untuk mengeobati ISK. Sehingga, bila sudah melakukan pemeriksaan dan sudah mendapatkan pengobatan namun keluhan masih belum membaik, alangkah baiknya lakukan pemeriksaan kembali ke dokter spesialis urologi untuk dilakukan evaluasi terapi pengobatan yang sudah diberikan. Usahakan tetap konsumsi makanan bergizi, minum air putih sesuai kebutuhan cairan harian, konsumsi buah dan sayur dan jaga kebersihan area kemaluan.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
infeksi saluran kencinginfeksi saluran kemihtren kesehatantips kesehatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil