Apa penyebab ISK berulang pada anak?

MP Info Penanya: MP, Wanita, 34 Tahun
Anak saya perempuan umur 4.5th dgn riwayat CP dan ISK berulang. Sdh berobat dan mnm antibiotik untuk penyakit ISK nya dr bln nov 2019 sampai skrg. Mau menanyakan hasil lab faal ginjal dan urin yg menunjukkan Nitrit positif, Leukosit positif 2 dan HB positif 1. Sendimen urin u/ leukositnya tinggi 84.1, Eritrosit 34.9 dan bakteri 3.107,8. Sedangkan untuk hasil tes radiologi VCUG menyatakan Divertikel Buli. Mhn dibantu y dok u/ di jelaskan dr hasil lab dan VCUG nya.Sebelumny terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MP,

CP atau cerebral palsy adalah salah satu gangguan yang terjadi akibat adanya kerusakan pada otak sehingga timbul keterbatasan untuk bergerak.

Perihal hasil lab tersebut menunjukkan adanya infeksi saluran kemih yang masih terjadi karena ditandai dengan tingginya leukosit serta adanya darah dan ditemukan adanya bakteri. Sedangkan untuk hasil rontgennya ditemukan divertikel buli yang artinya terdapat kantong-kantong kecil pada kandung kemih, sehingga kandung kemih tidak bisa sepenuhnya kosong karena urin akan masuk dan tertahan di kantong-kantong divertikel tersebut, sehingga akan meningkatkan kemungkinan untuk terjadinya ISK berulang. Terlebih anak Anda ada keterbatasan dalam bergerak.

Yang dapat Anda lakukan adalah konsultasi dengan dokter urologi untuk penanganan selanjutnya. Dan jaga kebersihan area kelamin anak Anda dan beri minum air putih yang banyak.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Setiap orangtua punya cara mendidik anak yang baik versi masing-masing, termasuk mereka yang memiliki anak dengan cerebral palsy.

Ini 8 Cara Mendidik Anak yang Baik untuk Penderita Cerebral Palsy

Setiap orang tua punya cara mendidik anak yang baik versi masing-masing. Namun, ada beberapa strategi yang dapat Anda lakukan untuk mendidik anak penderita cerebral palsy, yaitu konsisten, buat perencanaan, hingga bangun rutinitas.