Irritable bowel syndrom, bagaimana penanganannya?

AA Info Penanya: AA
Obat untuk iritable bowel syindrom apa?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AA,

Irritable bowel syndrome atau IBS adalah gangguan pada saluran pencernaan  bersifat kronis atau jangka panjang pada usus yang bisa menimbulkan kerusakan pada usus. IBS sendiri bisa menimbulkan sejumlah gejala seperti:

  • Sakit perut 
  • Kembung
  • Sulit buang air besar
  • Nyeri setelah makan
  • Buang air besar tidak tuntas dan ada lendir di anus
  • Kesulitan menahan buang air besar

Untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter spesiasis penyakit dalam dan dilakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti kolonoskopi, foto rontgen ataupun pemindaian dengan CT scan.

Penanganan sendiri nantinya akan dilakukan dengan perubahan gaya hidup, hindari kafein, makanan berlemak, minuman bersoda, makanan bersantan, berminyak ataupun yang mengandung pemanis buatan, kelola stres, dan mengonsumsi obat yang diberikan dokter baik obat untuk saluran pencernaan dan juga obat untuk mengelola kondisi psikologis jika diperlukan. 

Jika ada sembelit dokter juga bisa memberikan obat pencahar dan perlu perbanyak konsumsi serat untuk mengatasinya. Penting juga mengelola stres agar tidak memicu iritasi pada saluran cerna. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menelan permen karet tidak akan menimbulkan gangguan kesehatan serius

Mitos atau Fakta: Menelan Permen Karet Berbahaya Bagi Tubuh?

Banyak mitos seputar menelan permen karet. Menelan permen karet memang bukanlah hal yang direkomendasikan. Tapi, bukan berarti hal ini bisa menimbulkan bahaya.