08 May 2020, 16:08Kulit & Kelamin

Bagaimana cara mengobati kulit yang iritasi akibat penggunaan cuka apel?

RM
Info Penanya: RM, Wanita, 21 Tahun
Halo Dok, saya mau tanya perihal kulit wajah saya.Saya biasa kalau mau tidur pakai perawatan kulit milk cleanser dan tonernya pakai cuka apel, setiap hari saya pakai itu tapi tidak bermasalah. Kebetulan kemarin di pipi dekat hidung saya tumbuh jerawat dan saya coba kompres (15menit) pake cuka apel, jerawatnya kering tapi kulit pipi saya (bagian yang dikompres) jadi panas dan meninggalkan luka seperti terbakar. Baiknya pakai obat apa ya dok? Terimakasih.
26377 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, RMTerima kasih atas pertanyaan Anda.Cuka apel adalah sebuah cairan asam yang merupakan hasil  fermentasi dari buah apel dengan beberapa bahan lain seperti ragi, gula dan bakteri baik. Saat ini terdapat beberapa penelitian yang menyatakan bahwa banyak sekali manfaat dari cuka apel tersebut.

Adapun beberapa manfaat tersebut diantaranya adalah:

  • Menurunkan berat badan
  • Mengontrol insulin
  • Menurunkan kadar gula darah
  • Membunuh kuman pada makanan
  • Memutihkan gigi
  • Mengobati jerawat
  • Menuurnkan tekanan darah
  • Mengatasi sengatan ubur-ubur
Selain beberapa manfaat tersebut juga terdapat beberapa efek samping yang muncul akibat dari penggunaan cuka apel. seperti, luka pada tenggorokan, luka bakar di kulit, gangguan pencernaan, merusak lapisan enamel gigi, dan lain sebagainya.Terkait dengan pertanyaan Anda, jika terjadinya luka bakar pada area sekitar kulit yang terkena cuka apel merupakan salah satu efek samping dari penggunaan cuka apel. Tindakan yang bisa Anda lakukan adalah, stop penggunaan cuka apel karena dikhawatirkan akan memperparah kondisi kulit Anda, gunakan pelembab untuk area kulit tersebut agar tetap ternutrisi sehingga regenerasi sel kulit akan membaik, cukupi kebutuhan cairan harian, makan makanan bergizi, serta hindari menyentuh wajah terutama dengan tangan yang belum dicuci dengan sabun.Jika keluhan dirasa tidak membaik, periksakan diri Anda ke dokter spesialis kulit agar mendapatkan tatalaksana yang sesuai.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian.
perawatan kulitjerawattips kesehatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil