Irigasi Mata

CM Info Penanya: CM, Pria, 17 Tahun
"Dokter saya ingin bertanya ,mata saya ini kelilipan alias kemasukan benda asing, ga tau itu pasir terbang ato serangga malam ato juga potongan rambut(soalnya saya hbis cukur rambut jadi muka saya penuh rambut kecil2) itu pas naik motor, solusinya apa dok, ini udh 2 ato 3 hari gitu?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam C,

Berdasarkan keluhan anda, mata anda kemasukan benda asing. Benda asing yang masuk ke mata bisa berupa bulu mata, debu, pasir dan partikel kecil lainnya.

Untuk pertolongan pertama yang dapat dilakukan dirumah adalah irigasi atau bilas dengan melakukan cara seperti ini:

1. Cuci tangan anda dengan sabun dibawah air mengalir.

2. Gunakan air mengalir bersih dan hangat untuk membilas. Bilas dari samping dengan posisi anda tidur miring kearah mata yang akan di bilas. Jika tidak bisa dilakukan sendiri, minta tolong orang lain untuk membantu.

3. Jika menggunakan lensa kontak, lepaskan terlebih dahulu sebelum dibilas.

4. Hindari mengucek dan menekan mata.

Jika benda asing tidak dapat dikeluarkan dengan irigasi, segera minta pertolongan dokter. Jangan memakai cotton bud, pinset untuk membantu mengeluarkan benda asing karena dapat menimbulkan iritasi dan luka.

Semoga bermanfaat.

dr. Sylvi

 

 

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Deteksi glaukoma sejak dini dan kenali gejala galaukoma yang sering terjadi seperti mata kering

Pengobatan Glaukoma Ternyata Berisiko Mengakibatkan Mata Kering pada Lansia

Kondisi mata kering yang kerap menyerang kaum lansia dapat dipicu pula oleh pengobatan glaukoma. Memperkecil faktor risiko glaukoma secara tidak langsung dapat menghindarkan Anda dari mata kering.