08 Apr 2021, 21:36Psikologi

Bagaimana mengontrol amarah yang muncul?

ST
Info Penanya: ST, Wanita, 16 Tahun
Saya selalu sulit mengontrol amarah, saat saya kesal saya selalu merusak benda yang ada di sekitar saya, Bahkan masalah kecil sekalipun bisa membuat saya marah, Saya juga selalu melukai diri sendiri dengan cara menyayat pergelangan tangan saya dengan gunting. Saya juga anti sosial. Karena saya pernah di bully dari saya SD sampai SMP. Saya jadi introvert keluarga saya tidak pernah mengerti, saat saya melukai tangan saya pun mereka tidak pernah bertanya “kenapa tangan nya luka”
98 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, STTerima kasih atas pertanyaannya.Marah adalah bentuk respon terhadap suatu tekanan ataupun peristiwa yang tidak mengenakkan dan tidak sesuai.  Marah itu suatu kewajaran selama masih dapat dikontrol dan tidak menganggu orang lain.  Tetapi ketika suatu emosi tidak dapat dikontrol lalu menimbulkan gangguan pada diri sendiri ataupun orang lain, perlu melakukan tindakan lanjutan dalam mengontrol emosi dan suasana hati. Melukai diri sendiri atau self harm adalah tindakan menyakiti diri secara sengaja seperti menggoreskan kulit, membakar kulit, membenturkan kepala atau menampar diri sendiri.  Kondisi ini merupakan bentuk pelampiasan seseorang terhadap suatu tekanan atau peristiwa yang membekas dalam pikiran.  Selain itu, tindakan ini juga bentuk untuk mencari perhatian.  Self harm bukanlah pengalihan pikiran yang baik karena kondisi ini jika dibiarkan terlalu lama akan berpotensi untuk perilaku percobaan bunuh diri. 

Cara mengontrol pikiran dan amarah :

  • Lakukan kegiatan yang lebih positif seperti ikut kelas online, membantu orang tua, les online, berolahraga dan hobi lainnya.
  • Rileksasi dengan ikut kelas meditasi atau yoga.
  • Berbicara dengan keluarga secara baik dan kepala dingin. Ungkapkan apa yang mengganjal di pikiran karena jika tidak diungkapkan dengan baik, tidak ada yang akan mengerti.
  • Bersosialisasi dengan keluarga dan lingkungan sekitar, hindari menyendiri.
  • Hindari barang-barang yang mencetuskan keinginan menyakit diri. 
Jika anda mengalami kesulitan dalam mengontrol emosi dan sering melakukan self harm maka sebaiknya konsultasikan dengan psikiater guna membantu untuk terapi konseling jika dibutuhkan. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
masalah kejiwaanmanajamen amarahgangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil