23 Jun 2021, 13:01Penyakit Lainnya

Intensitas BAK meningkat, kenapa ya dok? Apakah efek obat?

M4
Info Penanya: M4, Pria, 23 Tahun
Pria, 23 tahun. Dok, intensitas kencing saya sangat banyak, sehari bisa lebih dari 10x. Namun tidak nyeri sama sekali waktu kencing, hanya saja terkadang testis mengalami nyeri (hanya jarang). Kira-kira kenapa ya dok? Apa mungkin ini efek obat? karena saya 3 hari lalu ke dokter Sp.PD dengan gejala nyeri dada, dokter memberikan obat : Pantoprazole, Braxidin, Vomitas FT domperidone, dan Propersa sirup. Apakah efek obat itu yg menyebabkan intensitas BAK meningkat dok? Mohon konsulnya
86 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang M,Buang air kecil yang menjadi lebih sering adalah kondisi yang dapat terjadi jika asupan cairan meningkat. Jika sehari menjadi lebih sering minum obat dan asupan cairan meningkat maka bisa membuat frekuensi buang air kecil menjad ilebih sering. Untuk obat yang dikonsumsi sendiri tidak ada yang bersifat diuretik atau yang membuat peningkatan produksi urine. 

Intensitas BAK meningkat, gejala infeksi saluran kemih?

Jika mengalami rasa nyeri bisa saja terjadi adanya infeksi saluran kemih yang juga bisa disertai dengan beberapa gejala lain seperti:
  • Buang air kecil menjadi lebih sering
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Urine menjadi keruh
  • Adanya bercak darah pada urine
  • Merasa buang air kecil tidak tuntas atau anyang-anyangan
  • Nyeri perut bawah
Untuk memastikan penyebab lebih sering buang air kecil apabila terjadi kondisi seperti itu adalah perlu dilakukan pemeriksaan urine. Nantinya jika ada infeksi pada saluran kemihnya maka perlu diberikan penanganan baik pemberian antibiotik dan obat untuk meredakan gejala yang terjadi. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
infeksi saluran kemihsaluran kemihkandung kemih
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil