Batuk, tenggorokan gatal, apakah gejala corona?

IP Info Penanya: IP, Wanita, 1 Tahun
Dok saya mau tanya,teman saya sudah batuk batuk hampir mau satu Minggu, tenggorokan juga seperti gatal,terkadang kalau batuk juga agak saikit dadanya,tapi tidak panas ,tidak lemas dok,apa itu gejala Corona?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, IP.

Coronavirus adalah golongan virus yang menyebabkan gangguan pernapasan. Tahun 2019, ditemukan satu jenis Coronavirus baru yang bernama SARS-CoV-2. Virus tersebut menyebabkan penyakit bernama COVID-19, yang kini sudah menyebar ke berbagai negara dunia. WHO menetapkan kasus ini sebagai pandemi. Di Indonesia sendiri, per tanggal 5 Mei 2020 pukul 16.56, sudah lebih dari 10000 orang yang menderita penyakit ini. 

Seseorang yang menderita COVID-19 akan mengalami demam, batuk kering, dan sesak napas. Selain itu, pada sebagian kasus juga mengalami pilek dan nyeri tenggorokan. Tetapi, berat atau ringannya gejala sangat dipengaruhi oleh kekebalan tubuh orang yang terkena. Semakin rendah kekebalan tubuh seseorang, semakin berat gejala yang akan timbul.

Terkait kondisi teman Anda, bisa saja teman Anda terkena COVID-19, ya. Tetapi, selain itu, ada juga penyebab lain batuk dan tenggorokan gatal, misalnya radang tenggorokan, radang amandel, ataupun batuk alergi. Sebaiknya lakukan karantina mandiri selama 14 hari, dan jika gejala memberat segera telepon 119 ext 9 untuk mengetahui apakah perlu memeriksakan diri ke rumah sakit rujukan.

Jangan lupa senantiasa menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup, tidak begadang, bergerak aktif dalam keseharian, dan kelola stres dengan baik. Lakukan kebiasaan bersih dan sehat seperti mencuci tangan di bawah air mengalir secara teratur.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hidup sendiri di tengah wabah virus corona mungkin akan menimbulkan kesepian kronis bagi beberapa orang

Tips Mengikis Kesepian Saat Hidup Sendiri di Tengah Pandemi Corona

Hidup sendiri di tengah wabah penyakit mungkin terasa berat bagi beberapa orang. Ada beberapa tips membunuh rasa sepi saat Anda harus ‘terkurung’ di rumah dan hidup sendirian, di tengah pandemi corona.