25 Sep 2020, 16:43Kanker

Nyeri pinggang dan gangguan berkemih, apakah kanker serviks?

IT
Info Penanya: IT0
Selamat siang dok,saya kadang nyeri pinggang dan jika tidak kuat menahan kencing kadang urine nya keluar duluan tapi saya tetap tidak langsung ke wc apa kah itu termasuk kangker serviks atau tidak,dan 1 lagi saya membaca di google kata nya mual, pusing termasuk ciri" kangker serviks apa kah benar dok?
554 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat Siang I,Terima kasih atas pertanyaannya.Nyeri pinggang bisa disebabkan oleh beberapa kondisi, seperti adanya cedera pada otot pinggang, gangguan pada tulang belakang, serta gangguan pada organ ginjal, pankreas, usus, ataupun saluran kemih.  Gangguan berkemih terjadi jika otot pada saluran kemih tidak kuat menahan urin karena adanya tekanan.  Hal ini bisa disebabkan pola berkemih yang buruk, pola minum yang kurang baik.  Jika hal ini dibiarkan, akan timbul masalah pada kemudian hari, seperti adanya infeksi saluran kemih.

Cara agar terhindar dari gangguan berkemih :

  • Hindari menahan buang air kecil.
  • Hindari konsumsi minuman bersoda, pemanis buatan serta minuman berkafein.
  • Perbanyak minum air putih 
  • Hindari stress berlebih
Sedangkan kanker serviks merupakan salah satu jenis kanker yang terjadi pada bagian terbawah dari rahim dan aling banyak dijumpai pada wanita umur 35-45 tahun. Penyebab tersering kanker serviks adalah virus papiloma (HPV) yang menyebar secara hubungan seksual.  

Beberapa gejala dari kanker serviks, diantaranya:

  • Adanya darah yang keluar dari vagina saat atau setelah berhubungan intim
  • Nyeri saat berhubungan intim
  • Adanya lendir yang abnormal dari vagina
Jika terdapat keluhan seperti yang diuraikan di atas, lebih baik segera diperiksakan ke Dokter Kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut.  Perihal mual dan muntah merupakah keluhan yang kurang spesifik untuk kanker serviks, karena pada fase awal sering ditemukan tidak bergejala.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr Farah
saluran kemihkanker serviksinfeksi menular seksualinkontinensia urine
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil