Insomnia, bagaimana mengatasinya ?

KP Info Penanya: KP, Wanita, 20 Tahun
Hai dok? Izin bertanya. Bagaimana caranya agar saya dapat tidur teratur? Ketika saya mengantuk hanya menguap berlebih dan mata berair saja, tapi tidak bisa tidur, begitu juga di siang hari. Saya biasa tidur sambil mendengarkan musik. Apa itu berpengaruh? Terima Kasih dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, KPC.

Insomnia merupakan gangguan tidur secara umum yang mengakibatkan individu mengalami kesulitan untuk memulai tidur, mempertahankan tidur, terbangun terlalu dini dan tidak bisa untuk kembali tidur. Pada dasarnya, kendati jam tidur dapat bervariasi pada setiap individu, waktu ideal yang dibutuhkan bagi orang dewasa untuk tidur adalah 7-8 jam perhari. Hal ini berkaitan dengan kualitas tubuh secara keseluruhan, karena pada saat tidur, tubuh akan mengatur segala kebutuhan organ untuk memulai hari berikutnya, baik dengan metabolisme maupun dengan mengistirahatkan bagian tertentu tubuh agar siap untuk beraktivitas kembali.

Pada beberapa kasus, insomnia dapat berlangsung dalam jangka pendek karena faktor pemicu sementara seperti kondisi jet lag. Namun ada pula insomnia yang diderita dalam jangka panjang yang umumnya disebabkan oleh gangguan psikologis berat maupun kondisi medis tertentu.

Adapun beberapa penyebab insomnia yang lebih spesifik, diantaranya adalah :

  • stres, gangguan kecemasan dan depresi
  • kondisi kamar yang kurang kondusif seperti terlalu panas atau terlalu dingin, kondisi tempat tidur yang kurang nyaman
  • kondisi lingkungan yang kurang mendukung, seperti kebisingan
  • konsumsi kafein berlebih, penggunaan alkohol dan nikotin
  • penggunaan obat-obatan narkotika seperti kokain dan ekstasi
  • gangguan jadwal tidur jaga yang disebabkan oleh kerja yang berubah-ubah atau shift malam

Terkait dengan keluhan Anda, mungkin yang Anda alami bukan sepenuhnya insomnia dan tidur yang teratur dapat dicapai dengan kedislipinan menetapkan jadwal tidur dan menghentikan segala aktivitas seperti bermain gadget dan mendengarkan musik yang keras. Terdapat riset tertentu yang mengatakan aktivitas otak akan tetap bejalan jika Anda mendengarkan lagu jenis tertentu. Maka untuk lebih aman, jika Anda ingin mendengarkan lagu, sebaiknya dilakukan sebelum tidur dan dipilih jenis lagu yang berjenis instrument.

Untuk tips lainnya, berikut saya lampirkan artikel mengenai cara mengatasi insomnia yang dapat Anda terapkan dengan konsisten guna mencapai tidur yang teratur dan berkualitas.

Apabila keluhan tidak kunjung membaik, Anda dapat berkonsultasi secara langsung kepada dokter.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit narkolepsi dan sleeping beauty syndrome dapat membuat penderitanya tertidur di mana saja

Kenali Perbedaan Narkolepsi dan Sleeping Beauty Syndrome

Selain penyakit insomnia, terdapat gangguan tidur lain, yaitu penyakit narkolepsi dan sleeping beauty syndrome. Keduanya memiliki kesamaan yaitu rasa kantuk yang berlebih dan sulit untuk ditahan. Meskipun demikian, terdapat perbedaan di antara keduanya.