23 Mar 2020, 03:50Penyakit Lainnya

Insomnia sudah 3 minggu, apa penyebabnya?

MN
Info Penanya: MN, Wanita, 21 Tahun
dok mau tanya, dari awal Maret kemarin saya sudah mulai insomnia pas malam saja, kalau tidur siang saya bisa dan bisa tidurnya setelah sholat subuh. tetapi kadang saya insomnia tiap malam, itu kenapa ya?
11489 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang MN,Insomnia adalah salah satu gangguan tidur dimana penderitanya sulit memulai tidur, sulit mempertahankan tidur atau sulit kembali tidur setelah terbangun. Penyebab insomnia sendiri beragam, diantaranya adalah:
  • Kondisi psikis seperti stres, cemas, depresi
  • Faktor lingkungan seperti bising, terlalu terang
  • Suhu kamar yang dingin atau panas
  • Alas tidur yang tidak nyaman
  • Mengalmai sakit tertentu
  • Jetlag
  • Kerja shift
  • Efek konsumsi zat tertentu
Untuk itu perlu perhatikan apa yang menjadi pemicu insomnia. Upayakan untuk melakukan beberapa cara seperti kelola stres, upayakan berolahraga teratur, hindari aktivitas lain jika sudah dikamar tidur seperti hindari terlalu banyak bekerja, menggunakan gadget, membaca dan lainnya, upayakan perbaiki jadwal tidur dimulai dari beberapa jam jika biasa jam 5 jadi jam 3 lalu bertahap ke jam normal. Upaya lain juga bisa dengan mandi air hangat, melakukan relaksasi, gunakan aroma terapi, hindari tidur siang dan beragam upaya lain untuk bisa cepat tidur di malam hari.Jika masih sulit tidur, ada baiknya bisa berkonsultasi pada dokter spesialis jiwa atau psikiater. Tapi jika daerahmu sedang terdampak infeksi COVID-19/Corona, tunda dulu untuk memeriksakan diri pada dokter. Lakukan anjuran yang sudah diberikan dan upayakan memperbaiki pola tidur. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
gangguan tidurmasalah tidurinsomnia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil