Apakah yang dimaksud dengan purging?

SN Info Penanya: SN
Dok umur saya 17 tahun 5 hari yg lalu saya memakai produk skincare berdosis tinggi pas dipakai biasa saja, 2 hari selanjutnya saya merasa muka saya gatal sekali dan muncul bintik bintik kecil memerah, dan tak lama kulit ku kering dan mengelupas. Itu kenapa ya dok? Sebelumnya saya memakai yg dosis rendah dan cocok memang efek sampingnya mengelupas tapi tidak panas dan muncul bintik merah
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Purging merupakan suatu keadaan dimana kulit mengalami penyesuaian karena penggunaan produk perawatan wajah tertentu. Purging ini biasanya bersifat memebrsihkan (mengelupas) sel-sel kulit mati. Pada saat mengalami purging, sebelum sel kulit baru menggantikan sel kulit mati yang telah terkelupas, biasanya muncul minyak dari kulit yang dapat menyumbat pori-pori dan memicu munculnya jerawat. Setiap orang memiliki jenis jerawat yang berbeda-beda, seperti black head comedo, whit ehead comedo, papula, pustula, atau lains ebaginya. Selain itu juga bisa menimbulkan kulit wajah menjadi kering.

Adapun beberapa zat-zat aktif dalam penggunaan produk perawatan wajah yang dapat memicu purging adalah:

  • Retinoid
  • Krim eksofoliasi, seperti: 
    • asam salisilat
    • asam glikolat
    • asam azaleat

Untuk keluhan yang Anda rasakan, perlu dilakukan pemeriksaan untuk dapat memastikan penyebab dari keluhan Anda. Sebaiknya, segeralah periksakan dan konsultasikan kepada dokter spesialis kulit yang memberikan Anda produk perawatan kulit tersebut atau bisa juga ke dokter spesialis kulit terdekat, dengan menyampaikan riwayat pengobatan Anda. Agar dapat diberikan solusi terapi.

Tindakan yang bisa Anda lakukan adalah sebaiknya bila memang muncul gejala iritasi (kemerahan, nyeri, gatal, bengkak) segera hentikan penggunaan produk, konsumsilah makanan bergizi seimbang, perbanyak sayur dan buah-buahan, cukupi kebutuhan cairan harian Anda, hindari menyentuh wajah bila belum mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, jaga kebersihan wajah dengan mencuci muka 2-3 kali dalam sehari, dan jaga kebersihan lingkungan sekitar.

Semoga bermnafaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Membuat masker wajah alami tidak sulit, salah satunya dari timun

6 Masker Wajah Alami yang Mudah Dibuat di Rumah

Masker wajah alami dapat dibuat dari buah-buahan maupun bahan lain dari berbagai tumbuhan. Berikut cara mudah membuat masker wajah alami yang bisa Anda praktikkan.