Apa dampan negatif dari Onani?

NC Info Penanya: NC, Wanita, 15 Tahun
Saya punya pasangan dulu dia ngelakukan onani sekitar 1tahun sekarang pasangan saya uda khilaf itu bisa nyebabkan prostat ngak dok?biasa juga dia ada gejala susah buang air kecil,air kencing nya warna keruh tapi gak ngerasakan sakit dan biasanya sering kencing terus dok,dan susah ereksi,tolong dibalas ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NC,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Onani atau masturbasi merupakan cara mendapatkan kepuasan seks tanpa berhubungan kelamin secara langsung. Aktivitas ini dilakukan dengan merangsang alat kelamin sendiri. Bisa dengan menyentuh, memijat, mengelus, hingga menggesek alat kelamin baik dengan alat bantu maupun tidak.

Beberapa dampak negatif onani :

  1. Luka atau iritasi pada alat kelamin
    Terlalu sering onani akan membuat uka lecet, bengkak, dan nyeri pada area alat kelamin.
  2. Penurunan sensitivitas sensual
    Semakin sering seseorang melakukan onani, semakin tinggi pula standar yang diperlukan untuk mencapai kepuasan seksual. Hal ini tentu saja berpotensi mengganggu keharmonisan dengan pasangan.
  3. Dampak psikis
    Perasaan bersalah yang terjadi sebagai dampak onani berpotensi membuat seseorang mengalami stres dan penurunan produktivitas.
  4. Kanker prostat
    Hubungan antara frekuensi onani pada pria dengan kanker prostat masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Dibalik dampak negatif, onani juga memiliki dampak positif, seperti membantu perkuat otot sekitar pinggul, memberi efek rileks dan bahagia disebabkan dopamin keluar setelah onan, meningkatkan hormon kortisol untuk menghilangkan stres. Pertimbangkan manfaat dan ruginya jika Anda melalukan onani. Sebaiknya juga tidak dilakukan terlalu sering. Jika pasangan Anda kesulitan untuk berhenti onani, jangan ragu untuk berkonsultasi lebih lanjut ke psikiater atau psikolog.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Masokis, Kelainan Seksual yang Bisa Merenggut Nyawa

Masokis adalah kelainan seksual yang berbahaya karena dapat melukai diri dan pasangannya, bahkan sampai mengakibatkan kematian. Kenali penyebab dan metode pengobatan yang tepat untuk mengatasi kelainan seksual ini.