11 May 2021, 05:50Kandungan

Menghitung usia kehamilan, bagaimana?

DS
Info Penanya: DS0
Dok, saya mau tanya. Hpht saya 13 april. Kemarin harusnya saya sudah haid. Tapi sampai sekarang tidak haid, saya iseng tespek juga hasilnya positif. Kira* berapa minggu usia kehamilan saya dok?
159 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, DTerima kasih atas pertanyaan AndaUsia kehamilan dapat diketahui dengan beberapa cara. Dengan mengetahui usia kehamilan pasangan suami istri bisa memprediksikan hari kelahiran si buah hati. Lamanya keehamilan terjadi kurang lebih 40 minggu. 

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghitung usia kehamilan:

  • Menggunakan alat khusus atau alat scanning
    Alat ini sering disebut dengan USG kandungan. dengan menggunakan alat ini, bisa memprediksikan usia kandungan berdasarkan ukuran janin. Selain itu juga bisa memprediksikan jenis kelamin janin, ada atau tidaknya cacat bawaan pada janin, kondisi organ reproduksi wanita, hari periraan lahir dan lain sebagainya.
  • Menggunakan cara manual 
    Perhitungan cara manual menggunakan last menstrual period atau hari pertama haid terakhri (HPHT). Dengan menggunakan HPHT ini bisa diketahui perkiraan lahir dan dihitung usia kehamilan secara manual.
Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, jika HPHT Anda 13 April 2021 maka hari ini (11 Mei 2021) usia kehamilan Anda berkisar 4 minggu. Selain itu juga bisa diprediksikan hari perkiraan lahir (HPL) sekitar 20 Januari 2022.

Berikut ini adalah beberapa tips agar ibu dan janin tetap sehat:

Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
menjaga kehamilanhamilkehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil