08 Dec 2020, 13:30Kulit & Kelamin

Kutu air tidak bisa kering

AN*
Info Penanya: AN*0
Selamat siang doc, saya punya penyakit kutu air di kaki, kondisinya keluar air trus dri lukanya gk bisa kering, lama lama makin berair aja udh di kasih salep dan minum obat dalem gk ada perubahan, itu gmna ya doc?
162 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam MA,Kutu air atau istilahnya tinea pedis adalah keluhan yang disebabkan oleh infeksi jamur pada kulit. Apabila tidak ditangani dengan baik ataupun tidak memperbaiki apa yang jadi penyebabnya, kutu air bisa tidak sembuh dengan tuntas dan bisa terinfeksi dengan bakteri juga sehingga menimbulkan kutu air bernanah dan luka yang sulit mengering.Nanah sendiri bisa terjadi akibat kutu air yang sering kali digaruk sehingga menimbulkan luka dan membuat bakteri bisa masuk pada luka tersebut dan menyebabkan infeksi tambahan.

Perawatan luka bernanah

Jika sudah terdapat nanah maka sebaiknya diperiksakan pada dokter atau dokter spesialis kulit agar dilakukan perawatan luka. Nantinya juga perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan penanganan yang tepat baik dengan kombinasi obat antibiotik dan obat antijamur secara bersamaan.Selain itu perlu juga menjaga kebersihan diri dan menghindari kulit lembab dan kotor. Beberapa upaya yang bisa dilakukan diantaranya adalah:
  • Jaga kebersihan kaki
  • Gunakan selalu alas kaki
  • Ganti kaos kaki secara rutin
  • Hindari menggunakan sepatu atau alas kaki yang basah
  • Keringkan kaki apabila kaki basah
Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
kesehatan kulitinfeksi jamurkurap
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil