23 Jun 2021, 23:17Penyakit Lainnya

Bagaimana cara menghentikan kecanduan sabu?

CH
Info Penanya: CH0
Malam Dokter saya mau berkonsultasi bagaimana cara berhenti menggunakan narkoba jenis sabu. Dan bila di konsumsi berapa lama pengaruh dalam tubuh dan uRine akan hilang, Adakah cara menghilangkan reaksi sabu dengan cepat. Atas jawaban Dokter saya ucapkan banyak terima kasih. "Tolong saya Dok, Saya ingin hidup normal
804 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat sore CHSabu merupakan jenis obat-obatan berbahaya golongan narkotika yang terdapat dalam bentuk serbuk putih yang terasa pahit dan bisa larut dalam air. Sabu ini sering disalahgunakan sebagai pelarian saat keadaan stres emosional atau karena pergaulan yang tidak sehat.
  • Kandungan methamphetamine di dalamnya bekerja meningkatkan hormon dopamin yang dapat mencetuskan rasa senang dan energi berlebih. Apabila dikonsumsi banyak maka dapat menyebabkan kecanduan dan merusak saraf otak, jantung hingga berbagai masalah psikologis.

Lama Waktu Kadar Sabu Bertahan Di Tubuh

Untuk mengeliminasi kadar sabu harus melalui metabolisme penyaringan dan pembuangan zat beracun di dalam tubuh dan tergantung pula dari seberapa rutin dan banyak anda mengkonsumsi sabu. Terdeteksinya sabu dan lama hilangnya di tubuh sejak pemakaian terakhir yakni:
  • urin : 1-4 minggu
  • rambut : 3 bulan
  • darah : 2 minggu

Cara Menghentikan Kecanduan Sabu

Keinginan untuk berhenti dari penggunaan sabu sangatlah baik dan perlu didukung. Untuk dapat menghilangkan kecanduan sabu yang bisa anda lakukan adalah:
  • Menjauhi pergaulan pengguna sabu atau narkotika lainnya
  • Memberitahu keluarga atau orang terdekat dan meminta dukungan
  • Melakukan konseling dan rehabilitasi ke dokter spesialis kejiwaan (psikiater)
  • Bergabung dengan komunitas yang memiliki permasalah yang sama
  • Mengatasi stres atau depresi dengan melakukan berbagai kegiatan positif yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain, melakukan meditasi, olahraga rutin, menemukan hobi baru dan sebagainya
Semoga bermanfaat
Salam sehat
dr. Pany
gangguan mentalobat penenangnarkobapenyalahgunaan obat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil