Penanganan mata yang terlihat kecil sebelah

AB Info Penanya: AB, Pria, 1 Tahun
Mata saya kecil sebelah dok bagai mana caranya agar normal kembali
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kondisi mata kecil yang Anda maksud adalah akibat kelopak mata yang sedikit jatuh atau yang dikenal dengan istilah ptosis sehingga memberikan efek bentuk mata jadi terlihat lebih kecil. Ptosis adalah suatu kondisi dimana kelopak mata atas turun. Kondisi ini diakibatkan karena berkurangnya kekuatan otot di mata sehingga sulit mengendalikan kelopak mata. Penyebab utama ptosis mata itu sendiri yaitu tendon yang menempel pada otot levator. Sealin itu, bisa karena kondisi tumor di sekitar mata, diabetes, sindrom horner, bawaan lahir dan bintitan. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yaitu bisa dilakukan yaitu dengan cara operasi kelopak mata. Lalu, bisa juga dengan kacamata yang berfungsi untuk menahan kelopak mata.  

Selain kondisi ptosis, mata yang terlihat kecil juga bisa disebabkan karena adanya gangguan saraf dan ukuran massa otot wajah yang berbeda. Sehingga menyebabkan ukuran mata menjadi kecil. Untuk memastikan kembali penyebab yang tepat, saya sarankan Anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter mata agar dapat diobati dengan tepat.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selain memicingkan mata, pandangan kabur ketika melihat jauh adalah ciri-ciri mata minus

Ciri-ciri Mata Minus Ini Menandakan Anda Butuh Kacamata

Mata minus atau rabun jauh dapat terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak. Ciri-ciri penderita mata minus adalah pandangan kabur, sering mengalami sakit kepala, sulit melihat pada malam hari, dan sering memicingkan mata agar bisa melihat obyek yang jauh.