Ingin mengurangi berat badan dalam 2 bulan

AN Info Penanya: AN, Wanita, 23 Tahun
Dokter, berat saya 80kg. Saya ingin mengurangi bb 10kg dalam waktu 2 bulan dengan cara mengurangi makan nasi. Saya butuh tips diet
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore AN,

Untuk bisa mendapatkan berat badan yang ideal pertama-tama perlu dilakukan pengukuran apakah berat badan saat ini sudah ideal atau belum, jika belum perlu diketahui berapa berat badan ideal sehingga bisa menentukan target berat badan. Untuk menurunkan berat badan sendiri sebaiknya dilakukan dengan diet sehat dan bukan diet yang cepat. Diet yang cepat sendiri dapat berisiko gagal dan bahkan terjadi rebound dan malah berat badan naik kembali melebihi sebelumnya. Penurunan berat badan yang direkomendasikan sendiri adalah 0,5-1 kg gram perminggunya.

Diet sendiri ada beragam jenisnya dan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Apabila ingin mengurangi makan nasi maka bisa memilih diet keto atau diet rendah karbohidrat dimana asupan kalori lebih banyak dari protein dan lemak. Tetapi perlu diingat untuk tetap mengonsumsi karbohidrat karena karbohidrat merupakan salah satu komponen nutrisi yang diperlukan tuibuh.

Tips menurunkan berat badan lain adalah dengan makan lebih sering tetapi porsi lebih kecil, hindari makanan yang tinggi kalori tetapi nutrisinya rendah seperti gorengan, perhatikan asupan kalori harian, olahraga secara teratur dimulai dari intensitas rendah hingga berat, buat catatan makanan dan nilai apakah kalori yang masuk sudah cukup atau masih berlebihan, pilih makanan yang sehat untuk dikonsumsi dan juga bisa berkonsultasi pada dokter spesialis gizi untuk pilihan diet yang sesuai dengan kondisi Anda. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Turunkan berat badan dengan sarapan setiap pagi

8 Tips Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Para ahli menyarankan untuk menurunkan berat badan secara bertahap. Menurut Academy of Nutrition and Dietics, jika berat badan Anda turun terlalu cepat, Anda justru kehilangan otot, tulang, dan air, ketimbang lemak.