01 Jul 2021, 01:01Penyakit Lainnya

bagaimana menghilangkan bekas tindik?

SD
Info Penanya: SD0
Assalamualaikum... Dok saya mau tanya ini kiranya gi mana yah cara ingin menghilangkan bekas tindik yang sebesar jarum? Lubangnya sudah ketutup tapi Masi adh bekas lubang dok. Apakah adh obat atau salep/semacam yang lain agar bisa menutup telinga seperti awal tanpa kelihatan lubang.makasih?
593 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo S,Kulit yang mengalami luka terkadang pada penyembuhannya akan meninggalkan bekas. Telinga yang pernah ditindik juga akan meninggalkan bekas luka meskipun tulang tindikannya sendiri sudah menutup.

Menghilangkan Bekas Tindik Telinga

Untuk menghilangkan bekas tindik telinga perlu dilakukan prosedur pembuatan luka baru sehingga kemudian sel-sel kulit yang baru dapat dirangsan untuk menutup daerah tersebut. Tindakan ini dapat dilakukan oleh dokter bedah plastik meskipun hasilnya tidak benar-benar kembali sempurna seperti belum pernah ditindik. Krim penghilang bekas luka tidak dapat digunakan untuk menghilangkan bekas tindikan karena umumnya bekas tindik akan berbentuk lebih menonjul maupun lebih cekung daripada kulit sekitarnya. Dan hingga saat ini belum ada obat salep maupun pengobatan tanpa operasi yang dpaat menghilangkan bekas tindikan.Ada baiknya untuk tidak melakukan tindik telinga apabila tidak diperlukan karena cukup sulit untuk menghilangkan bekas luka tindik. Konsultasikan ke dokter spesialis bedah plastik untuk kemungkinan penyembuhan bekas tindik telinga. Sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis bedah plastik untuk tindakan penutupan bekas tindik jika Anda memang benar-benar ingin melakukan tindakan tersebut.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
operasitelingabekas luka
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil