Hubungan seksual tanpa ejakulasi di dalam vagina, apakah hamil?

EA Info Penanya: EA
Mlm dokSaya haid sekitar tgl 10 dan selesai tgl 19 atau 20 agustus, lalu saya berhubungan diluar tanpa keluar apapun ditgl 27 ,,apa itu akan menyebabkan saya hamil atau tidak.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, E

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kehamilan terjadi karena adanya sel sperma bertemu dengan sel telur wanita, sehingga perlunya dilakukan hubungan seksual ketika wanita sedang dalam masa subur. Untuk dapat mengetahui masa suburnya, seorang wanita perlu mengetahui siklus haidnya terlebih daulu.

Siklus haid pada wanita berkisar antara 21 - 35 hari dengan rata-rata wanita mempunyai siklus haid 28 hari. Siklus haid dapat dihitung sejak hari pertama haid terakhir (HPHT) sampai dengan hari pertama haid pada periode berikutnya. Jika, siklus haid Anda adalah 28 hari maka masa subur Anda terletak kurang lebih sekitar 14 hari (2 minggu) sebelum Anda haid kembali.

Terkait dengan pertanyaan Anda, Apabila Anda melakukan hubugan seksual tanpa dilakukan ejakulasi pria di dalam vagina, maka tidak terjadi pembuahan sehingga tidak terjadi kehamilan. Namun, bila terdapat keluhan terkait dengan siklus haid Anda, atau terkait dengan kesehatan organ reproduksi wanita, lakukanlah pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat.

Diibawah ini adalah beberapa saran untuk menjaga kesehatan organ reproduksi wanita:

  • Berusaha untuk monogami
  • Jaga keberishan area kewanitaan
  • Ganti pakaian dalam secara rutin 2-3 kali dalam sehari, gunakan pakaian dalam dengan bahan yang lembut dan menyerap keringat
  • Konsumsi makanan yang bergizi
  • Perbanyaklah konsumsi sayur dan buah
  • Lakukan olahraga secara rutin
  • Gantilah pembalut secara berkala ketika sedang haid

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala vaginitis akibat vaginosis bakteri yang khas adalah keputihan yang tipis dan berbau tidak sedap

Mengenal Peradangan Vagina akibat Vaginosis Bakteri

Vaginosis bakteri adalah sebutan lain dari infeksi vagina. Vaginosis bakteri dapat meningkatkan risiko infeksi kelamin wanita, khususnya penyakit menular seksual (PMS).