Ingin mempunyai anak kembar

FR Info Penanya: FR, Wanita, 2019 Tahun
Assalamualaikum dok, saya mau bertanya ? Saya ingin skali mempunyai anak kembar tapi saya tidak mempunyai keturunan kembar apakah bisa dok ? Terimakasih..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, FR

Kehamilan dengan bayi kembar atau gemeli dapat terjadi jika satu sel telur (ovum) sperma membelah dan berkembang menjadi dua bayi atau adanya dua sel telur (ovum) dibuahi oleh dua sperma sehingga menghasilkan dua janin. 

Kehamilan kembar paling sering terjadi pada riwayat genetik dalam keluarga kelahiran kembar sebelumnya. Beberapa faktor lain untuk memiliki bayi kembar diantaranya faktor ibu dan jumlah paritas yang banyak. 

Untuk memiliki kehamilan kembar beberapa upaya yang telah dilaporkan dapat berhasil diantaranya dengan program inseminasi penanaman sel ovum dan sperma dalam rahim atau dengan program bayi tabung. 

Saya sarankan anda untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan dan kebidanan (Sp.OG) untuk membahas persiapan kehamilan dan cara untuk hamil kembar. 

Salam sehat

dr. Zulham 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi pada vagina menjadi salah satu penyebab bayi lahir dalam kondisi prematur

Inilah Penyebab Kelahiran Bayi Prematur yang Mungkin Tidak Anda Sadari!

Bayi prematur yang lahir sebelum minggu ke-23 kehamilan, biasanya tidak dapat bertahan hidup. Sementara itu, bayi prematur yang lahir setelah minggu ke-28 kehamilan memiliki tingkat kelangsungan hidup yang tinggi.