Bagaimana cara supaya lekas hamil?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 1 Tahun
siang dok sya Rr umur saya 20th , suami saya 24thkami sudah menikah slama 6bulan . tpi sya blm hamil , krna suami sya bekas oprasi testis nya hanya punya sebelah? apakah itu mempengaruhiii dok? saya ingin hamil apakaha ada solusinya dok?trimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SA, 

Secara umum diperlukan 1 tahun sudah pernah mencoba hamil sebelum dilakukan pemeriksaan untuk infertilitas (kesulitan hamil akibat tidak subur). Dengan syarat, hubungan seksual dilakukan secara teratur atau pada masa subur dan tidak menggunakan kontrasepsi.

Idealnya memang 2 testis akan meningkatkan kesempatan hamil dibandingkan dengan 1 testis. Tapi 1 testis pun masih dapat membuat Anda hamil asalkan sperma dalam keadaan yang sehat. Sperma yang sehat yang dimaksud adalah jumlahnya banyak (sekitar 15 juta per mL), pergerakannya efektif dan bentuknya normal.

Pemeriksaan kesuburan dapat dilakukan setelah 1 tahun untuk perempuan maupun laki-laki. Sampai tiba saatnya, tetap lakukan hubungan seksuan secara teratur, jaga berat badan agar tidak berlebih dan jangan stres.

Semoga jawaban saya dapat membantu. Salam sehat.

 

dr. Anandika

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selama kehamilan, salah satu sumber nutrisi yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah susu untuk ibu hamil.

Manfaat dan Berbagai Jenis Susu Ibu Hamil

Asupan kalsium diperlukan selama kehamilan untuk memenuhi kebutuhan mineral bayi. Wanita yang melahirkan ketika berusia 19 tahun atau lebih tua, membutuhkan setidaknya 1.000 mg kalsium.