12 Nov 2020, 21:09Kandungan

Ingin hamil perlukah tes torch?

MD
Info Penanya: MD0
Halo dokter, saya mau nanya kalo ibu dengan riwayat anak pertama terkena cmv kongenital" meninggal usia 9 bulan,anak kedua sehat" Ingin hamil anak ketiga apakah harus tes TORCH dulu?
253 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat malam MD,TORCH adalah singkatan untuk penyakit Toxoplasmosis, Other infection, Rubella (campak Jerman), Cytomegalovirus (CMV) dan Herpes simpleks. Penyakit ini sangatlah berbahaya terlebih bagi wanita yang mau hamil atau sudah hamil. Bila penyakit ini menyerang saat wanita sedang hamil maka besar kemungkinan terjadi kecacatan pada janinnya hingga terjadinya keguguran.

Beberapa faktor yang menyebabkan seorang wanita lebih rentan terkena TORCH adalah:

  • Sering memakan sayur mentah yang kurang dicuci bersih.
  • Kebiasaan makan daging setengah matang atau ikan yang masih mentah.
  • Memelihara binatang dan tidak menjaga kebersihan binatang peliharaannya dengan baik.
Bila pada kehamilan pertama Anda sudah mengalami infeksi Cytomegalovirus, maka tentunya saat itu Anda sudah diberi obat untuk menyembuhkan infeksinya namun sayangnya anak Anda tidak terselamatkan. Dan disaat kehamilan anak kedua maka normal saja karena sudah terbentuk antibodi di dalam tubuh. Bila Anda sekarang ingin hamil anak ketiga maka seharusnya tidak masalah karena memang sudah terbentuk antibodi di dalam tubuh Anda. Namun Anda bisa melakukan pemeriksaan aviditas IgG CMV untuk memastikan kadar antibodi Anda sudah sekuat apa. Anda sudah bisa melakukan konsultasi dengan dokter kandungan bila memang sedang program hamil.Salam sehat,dr. Vina
toksoplasmosiscytomegalovirusherpes simplex tipe 1
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil