31 Dec 2020, 16:35Kandungan

Apakan wanita dengan haid tidak lancar bisa hamil kembali ?

AF
Info Penanya: AF0
selamat sore dokter...sy mau tanya,sy sudah tidak KB hampir 5 tahun tapi sampe sekarang belum juga hamil,sy udah punya anak 2,yg pertama melahirkan dengan normal,yg kedua melahirkan dengan sesar... tiap bulan haid sy tidak lancar cuma 3 harian aja,mohon penjelasannya dok..
653 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, A.Kehamilan memang sesuatu hal yang luar biasa. Saat ibu mengandung, akan terjadi perubahan hormon, bentuk tubuh, emosi, menimbulkan rasa lelah, tidak nyaman, namun ini semua dapat tergantikan setelah bayi yang dikandung lahir dengan selamat. Kehamilan sangat dinanti terutama bagi pasangan yang belum memiliki anak, atau selalu gagal dalam memiliki anak karena keguguran, gangguan pada sperma, ataupun masalah yang ada di organ reproduksi wanita.

Kapan masa subur pada wanita terjadi ?

Kehamilan dapat terjadi kepada setiap wanita yang sudah pubertas, dimana ovarium mengeluarkan sel telur yang telah matang dan dibuahi oleh sperma yang sehat melalui proses hubungan seksual atau bayi tabung. Pelepasan sel telur dari ovarium ini disebut dengan ovulasi atau masa subur. Masa subur pada wanita biasanya terjadi 2 minggu menjelang menstruasi. Jika seorang wanita memiliki haid yang tidak teratur, maka akan lebih sulit menentukan masa subur. Haid yang tidak teratur ini bisa disebabkan oleh pasca penggunaan alat kontrasepsi hormonal, gangguan metabolisme tubuh, banyak fikiran dan kelelahan fisik yang membuat stress, dan karena penyakit lainnya seperti hipotiroid.

Apakan wanita dengan haid tidak lancar bisa hamil kembali ?

Wanita dengan haid tidak lancar bisa hamil kembali jika hubungan seksual dilakukan saat masa subur. Masa subur juga dapat dinilai menggunakan USG abdomen, serta gejala lain seperti suhu tubuh Ibu menjadi lebih hangat walau dalam keadaan sehat, gairah seksual yang meningkat, muncul keputihan yang berwarna bening, tidak berbau, dan tidak gatal.Anda dan pasangan juga harus menerapkan pola hidup sehat dengan tidak merokok dan terpapar asap rokok, menghindari alkohol, makanan cepat saji dan makanan kemasan, jaga berat badan agar tetap ideal, kelola pekerjaan dan stress dengan baik. Lakukan liburan bersama keluarga agar hati menjadi bahagia sehingga hormon di tubuh juga seimbang. Jika Anda tidak kunjung diberi keturunan, konsultasi bersama dokter spesialis kandungan.Semoga bermnafaat.Salams sehat.dr. Lidya hapsari
kesehatan kandunganmeningkatkan kesuburanmerencanakan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil