Haid selama 8 hari pasca berhubungan seks, apakah darah haid atau bukan?

AS Info Penanya: AS, Pria, 21 Tahun
Dok sya ingin tanya, saya dan istri sya berhubungan dan keluar di dalam, tapi setelah 1 minggu kemudian dia haid selama 8 hari itu kira2 apakah kegagalan terjadinya pembuahan atau tidak? Dan juga yg sya ingin tanya itu pendarahan karna implansi atau pendarahan haid biasanya? Karna pendarahannya cukup banyak, trimakasih dok sebelumnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Menstruasi merupakan proses keluarnya darah dari dalam vagina yang dialami oleh setiap wanita. Umumnya, mens terjadi setiap 28 hari, tetapi bisa juga setiap 21-35 hari. Rata-rata seorang wanita mengalami menstruasi selama 3-8 hari. Perdarahan yang keluar sekitar 30-70 ml (5-12 sendok teh) saat menstruasi. 

Terkait dengan kondisi yang dialami oleh istri Anda, kemungkinan itu merupakan darah menstruasi. Bukan tanda implantasi. Tanda implantasi pada umumnya berupa bercak-bercak darah. Bukan darah seperti darah haid. Dan, Anda dan istri tidak melakukan hubungan seksual saat masa subur istri Anda. Sehingga, tidak terjadi pembuahan di dalam rahim istri Anda. 

Untuk itu, Anda tidak perlu khawatir karena istri Anda mengalami haid selama 8 hari dan darah yang keluar cukup banyak. Itu masih merupakan hal yang normal. Kondisi ini bisa saja dipengaruhi oleh faktor kelelahan, stres, kurang istirahat, dll. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit perut saat haid bisa berupa kram

Ini Penyebab Sakit Perut Saat Haid dan Cara Mengatasinya

Sakit perut saat haid bisa berupa kram hingga nyeri tak tertahankan. Mengenali penyebab nyeri tersebut dapat membantu Anda untuk menemukan cara mengatasinya.