04 Nov 2021, 22:22Kandungan

Belum suntik, jika sudah berhubungan bisa hamil?

IT
Info Penanya: IT, Wanita, 23 Tahun
Awalnya KB 1 bulan , cuma pas tanggal baliknya aku telat nah sampai sekarang belum lanjut KB lagi apakah setelah itu berhubungan langsung hamil?
57 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, ITerima kasih atas pertanyaannya.Suntik KB adalah jenis KB yang menggunakan media suntik berisikan hormon yang berfungsi dalam mencegah adanya sperma yang masuk hingga menghambat sel telur yang sudah terbuahi untuk menempel dan berkembangn menjadi janin.  Suntik KB bekerja hingga 99% dalam mencegah kehamilan tentunya dengan penggunaan yang benar dan teratur sehingga dapat meminimalisir adanya kebobolan.  

Penyebab kebobolan pada pengguna KB suntik :

  • Sering telat suntik dapat menimbulkan efek kerja suntik KB yang menurun sehingga hal ini dapat meningkatkan potensi kehamilan. 
  • Setelah suntik KB langsung berhubungan padahal dibutuhkan 5-7 hari untuk KB bekerja optimal pasca suntik KB. 
  • Kemungkinan 0.5-2% kehamilan karena belum ada KB yang 100% mencegah kehamilan. 
Wanita yang sudah melewati jadwal suntik KB kembali maka sudah tidak terlindungi dengan hormon KB yang ada sebelumnya dan ketika berhubungan maka dapat terjadi kehamilan.  Untuk itu diperlukan kedispiinan dalam memakai suntik KB.  Jadi jika anda sudah melakukan hubungan intim sebelum KB ulang maka lakukan testpack saat terjadi telat haid lebih dari 10 hari, ulang jeda 10 hari jika hasil negatif.  Jika negatif juga saat testpack kedua baru bisa jadwalkan suntik KB di bidan atau klinik tempat suntik KB.  Pertimbangkan KB jenis lain seperti implan, KB spiral yang tidak perlu jadwal kontrol rutin setiap bulannya bila kesulitan mengingat jadwal suntik. Anda dapat membaca beberapa forum terkait suntik KB seperti berikut :Semoga penjelasan ini bermanfaat. Salam sehat,dr. Farah
kehamilantes kehamilanpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil