05 Jan 2021, 13:42Kandungan

Apakah test pack yang negatif sudah pasti tidak hamil ?

AP
Info Penanya: AP0
Semalat sore dok, saya mau bertanya apakah mengeluarkan sperma diluar vagina dapat menyebabkan kehamilan dok? Sedangkan sdh telat 20 hari, sdh di tespek sampai 2 kali hasionya negatif apa ada gejala lain dok? trimakasih
185 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, A.Kehamilan adalah proses yang panjang mulai dari pembuahan, penempelan janin, perkembangan janin, yang membuat tubuh menjadi lebih besar, peredaran darah menjadi lebih meningkat, perubahan hormon, peningkatan metabolisme tubuh, kebutuhan gizi yang jauh lebih banyak untu ibu dan janin. Semua itu harus dipersiapkan dengan baik. Kehamilan yang tidak direncanakan akan membuat Ibu dan pasangan menjadi binggung, tidak siap secara fisik dan mental, juga dapat mempengaruhi proses perkembangan janin.

Apakah test pack yang negatif sudah pasti tidak hamil ?

Test pack dipnegaruhi oleh banyak hal, antara lain saat dilakukan pemeriksaan urin yang digunakan terlalu sedikit, terlalu banyak, bercampur dengan air, alat test pack yang kurang sensitif, hormon HCG atau hormon kehamilan yang belum terlalu meningkat sehingga hasil test pack menjadi negatif walau sudah terjadi kehamilan. Saat berhubungan skesual, laki-laki yang mengeluarkan sperma di luar vagina, masih dapat menyebabkan kehamilan, karena penis akan mengeluarkan cairan berwarna bening sebelum ejakulasi yang dapat mengandung sperma walau hanya dalam julmlah yang sedikit. Sperma ini dapat membuahi sel telur yang telah matang. Selain karena kehamilan, telat haid dapat disebbakan oleh gangguan hormon akibat penggunaan KB, stress, kelelahan, dan penyakit hipotiroid,Jika Anda masih telat haid lebih dari siklus menstruasi normal yang ada, baik diikuti dengan tanda kehamilan, maupun tidak, lakukan pemeriksaan test pack ulang atau Anda dapat melakukan USG tranvaginal di dokter spesialis kandungan. Anda juga dapat menggunakan alat kontrasepsi jika Anda dan pasangan belum siap untuk hamil.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
merencanakan kehamilankontrasepsiusg
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil