Informasi mengenai transfusi darah

NK Info Penanya: NK, Wanita, 25 Tahun
kenapa golongan darah ab tidak bisa donor ke golongan darah lain? boleh tolong kasih info makasih dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, W.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Transfusi atau donor darah merupakan tindakan memberikan atau menyumbangkan darah oleh seorang individu (donor) kepada individu lainnya sebagai penerima yang disebut dengan resipien. Tindakan ini memiliki berbagai manfaat baik bagi resipien maupun bagi donor. Kendati demikian, masih tetap ada risiko yang dapat muncul pada proses transfusi darah, maka sebelum dilakukan donor darah, pendonor harus mengetahui terlebih duhulu informasi lengkap mengenai transfusi darah begitu pula dengan resipien.

Berikut saya lampirkan artikel mengenai transfusi darah sebagai informasi tambahan untuk Anda.

Terkait pertanyaan Anda tentang golongan darah AB, terlebih dahulu perlu untuk diketahui bahwa setiap golongan darah memiliki jenis protein dan serum antibodi yang dapat berbeda-beda. Protein tersebut dikenal dengan aglutinogen, berada pada sel darah merah (eritrosit) dan dapat menggumpal, sedangkan serum antibodinya disebut dengan aglutinin yang berada di plasma darah dan dapat menggumpalkan protein aglutinogen. Aglutinogen dan aglutinin terbagi menjadi dua. Aglutinin terbagi menjadi alpha dan beta, sedangkan aglutinogen terbagi menjadi A dan B.

Pada golongan darah AB, yang tidak memiliki aglutinin tetapi memilki aglutinogen A dan B, jika mendonor pada selain sesama golongan darah AB, dapat terjadi ketidakcocokan karena akan menimbulkan gumpalan antara aglutinin dan aglutinogen yang bersebrangan. Hal ini lah yang membuat golongan darah AB hanya dapat menjadi resipien tetapi tidak dapat menjadi pendonor.

Jika Anda menginginkan informasi yang lebih lengkap, Anda dapat berkonsultsai lebih lanjut dengan dokter spesialis Penyakit Dalam yang lebih ahli dalam ilmu seputar darah atau yang disebut dengan hematologi.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tes golongan darah dilakukan untuk mengetahui golongan darah

Inilah Informasi Lengkap Seputar Tes Golongan Darah

Tes golongan darah adalah serangkaian tes yang dilakukan untuk mengetahui golongan darah seseorang. Tes ini penting untuk dilakukan, terutama berkaitan dengan keperluan medis.