27 Dec 2020, 13:18Perut

Perut bagian bawah membesar dan keras, apa penyebabnya?

RL
Info Penanya: RL, Wanita, 18 Tahun
Dok saya mau tanya kenapa perut bagian bawah saya keras sakit dan agak besar dan punggung terasa sakit dan sering buang air besar dan air kecil
322 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat sore RPerut bagian bawah wanita selain terdiri dari organ-organ pencernaan dan organ kandung kemih juga terdapat organ-organ reproduksi seperti rahim, saluran telur, dan indung telur.

Penyebab Perut Bawah Keras Dan Sakit

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan perut bawah keras, membesar dan disertai dengan rasa nyeri. Penyebab perut bawah keras dan membesar sebagai berikut:
Pada kondisi R kemungkinan penyebabnya berasal dari masalah pada bagian pencernaan yang bisa disebabkan dari kebiasaan makan terlalu cepat dan banyak sehingga menjadi sering BAB. Hal ini juga bisa disebabkan oleh IBS atau intoleransi makanan/minuman. Sering BAK bisa karena konsumsi cairan yang banyak atau bisa menjadi tanda adanya infeksi kandung kemih yang bisa disertai rasa nyeri perut bawah dan rasa tidak tuntas atau sakit saat BAK. Punggung yang sakit bisa merupakan penjalaran nyeri perut, neyri otot, atau dari infeksi saluran kemih dan bisa juga menajdi gejala PMS (premenstrual syndrome).Sebaiknya konsultasikan langsung ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang sehingga bisa mengarah pada kemungkinan diagnosa dan dapat diberikan penanganan tepat.Sementara itu anda bisa melakukan beberapa hal untuk mengurangi keluhan dengan :
  • Minum air putih hangat
  • Makan secara perlahan dan porsi secukupnya
  • Perbanyak buah dan sayur
  • Hindari menahan BAB dan BAK
  • Pola makan teratur
  • Mengompres hangat pada bagian perut yang sakit
  • Olahraga rutin 3-4x seminggu
Semoga bermanfaat. Salam sehat.dr. Pany CL
infeksi saluran kemihgangguan pencernaansakit perutkandung kemihsakit pinggang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil