27 Dec 2020, 12:07Perut

Perut bawah terasa sakit dan keras

RL
Info Penanya: RL, Wanita, 18 Tahun
Hallo dok saya mau konsultasi perut bagian bawah saya terasa sakit keras dan agak besar dan kadang juga muntah dan sering buang air besar dan buang air kecil kenapa ya dok kira kira
167 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Constantia Evelin Kwandang
(0)
Halo R,Perut bagian kiri bawah, biasanya memang tambak lebih besar dari yang kanan karena perut kiri perupakan tempat usus besar berakhir, jika banya tinja di dalamnya usus akan penuh dan perut menjadi tampak lebih besar. Namun jika ada keluhan perut nyeri dan keras, Anda perlu memeriksakannya ke dokter karena normalnya perut tidak teraba keras. Penyakit yang mungkin terjadi saat perut teraba keras salah satunya adalah peritonitis. Peritonitis adalah peradangan pada jaringan ikat di perut, dapat disebabkan karena infeksi bakteri atau jamur. Gejala peritonitis adalah sakit perut, kembung atau kenyang yang berlebihan, mual,muntah, diare, nafsu makan turun, demam, haus, atau konstipasi.
Penyebab lain dari peritonitis adalah gagal ginjal, gangguan hati, luka pada dinding perut, sakit maag, usus buntu yang pecah, radang pankreas, infeksi kantong empedu, infeksi usus, penyakit radang panggul, hingga penyakit Crohn.
Cobalah untuk minum obat antasida terlebih dahulu untuk meringankan gejala sakit perut dan muntah, namun jika keluhan berlanjut, sebaiknya Anda segera ke dokter.
 
Salam sehat,
dr. Evelin Kwandang
sakit perutinfeksi ususradang usus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil