Bercak darah setelah satu minggu menstruasi, apakah wajar ?

KF Info Penanya: KF, Wanita, 18 Tahun
Selamat pagi dok. Saya mau bertanya. Setelah selesai menstruasi sekitar jarak 1 minggu setelah menstruasi selesai, saya mengalami keluar bercak darah berwarna coklat namun hanya terjadi 1 hari. Hal ini apakah wajar dok? Lalu disebabkan oleh hal apa?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, KF.

Bercak darah atau flek yang terjadi di luar siklus haid dapat menandakan gangguan haid. Akan tetapi kedaan tersebut tidaklah selalu berbahaya apabila hanya terjadi sesekali dan bersifat ringan. Umumnya keadaan tersebut terjadi karena gangguan keseimbangan hormon pengatur siklus menstruasi yang bersifat sementara. 

Adapun gangguan yang lebih berat, dalam istilah medis dikenal dengan sebutan metroragia atau yang berarti haid yang tidak teratur. Penyebab dari metroragia tersebut dapat beragam.

Adapun beberapa faktor penyebabnya yang meliputi :

  • stres, obesitas, penggunaan obat-obatan tertentu seperti obat hormonal yang memicu ketidakseimbangan hormon
  • kurang terjadinya ovulasi
  • adanya permasalahan pada pembekuan darah
  • penyakit pada alat reproduksi :

Terkait dengan keluhan Anda, dapat terjadi karena salah satu faktor pemicu ketidakseimbangan hormon yang telah dipaparkan diatas. Jika tidak berkelanjutan umumnya aman dan Anda tidak perlu khawatir. Untuk sementara Anda dapat mencoba mengatasi keluhan yang Anda alami dengan cara alami terlebiih dahulu, yaitu mengonsumsi air rebusan jahe dan kunyit yang dapat diberi bubuk kayu manis serta mengonsumsi ekstrak tanaman adas.

Apabila keluhan bercah darah memberat, dan berlangsung selama berhari-hari dan tidak berhenti, Anda perlu memeriksakan diri secara langsung pada dokter Spesialis Kandungan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Siklus Menstruasi yang Normal dan Membedakannya dengan yang Tidak Normal

Mengetahui siklus menstruasi tidak cuma membantu merencanakan kehamilan, tapi juga mengantisipasi gangguan kesehatan. Siklus menstruasi normal itu seperti apa?