Apa penyebab benjolan di perut bagian bawah?

S Info Penanya: S, Wanita, 20 Tahun
Dok boleh tanya saya ada benjolan di bawah perut bagian vagina atas,benjolany itu tiba" ada ,apa penyebabny Dok?sya belum ada keluhan apapun tpi benjolan ini agak menggangu ,minta info dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, S.

Benjolan adalah hal tidak normal yang dapat terjadi pada bagian mana saja di tubuh, baik organ luar maupun organ dalam. Benjolan dapat berukuran kecil sampai besar, dengan tepi licin ataupun berbonjol-bonjol. Ada benjolan yang padat, ada pula yang berisi cairan. Terkadang, benjolan juga bisa terasa nyeri.

Pada perut bawah, terdapat beberapa organ, yaitu kandung kemih, usus, dan rahim. Benjolan yang Anda alami mungkin disebabkan oleh hal berikut:

Sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis bedah onkologi untuk mengetahui penyebab pasti dari benjolan Anda. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti USG atau biopsi jarum, kemudian menyarankan terapi apa yang perlu Anda lakukan. Misalnya, batu kandung kemih akan dirujuk ke dokter spesialis bedah, sedangkan mioma uteri ke dokter spesialis kandungan.

Untuk sementara, jangan memencet benjolan tersebut, ya. Juga, jangan gunakan celana yang terlalu ketat. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kanker serviks dan radang vagina atau vaginitis memiliki gejala yang serupa

Kanker Rahim atau Radang Vagina? Ketahui Gejalanya!

Cara membedakan radang vagina dan kanker serviks adalah dari gejalanya seperti cairan atau perdarahan yang keluar saat tidak haid, berhubungan seks, atau menopause.